Lion Air Group bekerjasama dengan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) selenggarakan walk-in recruitment untuk posisi management trainee. Pelaksanaan walk-in recruitment berlangsung selama dua hari, 12-13 Februari 2017 di Auditorium Gedung K.H. Mas Mansur UII, Jl. Kaliurang Km.14,5 Sleman.

Disampaikan Asisten Manager Bidang Assessment and Development Lion Air Group, Ahmad Wahyudi, recruitment management trainee yang digelar kali ini dibuka untuk teknik dan non-teknik. Teknik terdiri dari teknik penerbangan, teknik industri, teknik mesin, teknik elektro, dan teknik informatika. Sedangkan yang non-teknik terdiri dari administrasi niaga, administrasi bisnis, ekonomi, akuntansi dan statistik.

“Yang lolos ke management trainee nantinya akan diberi training selama sebulan, kemudian dilanjutkan dengan on the job training (OJT) selama tiga bulan, lalu di mapping untuk posisi yang pas, setelah itu baru dilakukan penempatan”, ujar Ahmad Wahyudi yang juga merupakan alumni program studi master psikologi UII.

Dalam pelaksanaannya seperti dijelahkan Ahmad Wahyudi, terdapat serangkaian seleksi yang dilakukan, dimulai dari pemberkasan, Tes Potensi Akademik (TPA), tes kemampuan bahasa Inggris, Focus Group Discussion (FGD), hingga tahap akhir yaitu wawancara. Total pendaftar pada walk-in recruitment tersebut sebanyak 228 orang, yang kemudian akan diterima minimal 20 orang dalam satu batch.

Disampaikan oleh Ahmad Wahyudi, para peserta yang mendaftar dalam recruitment ini tidak hanya berasal dari Yogyakarta maupun Jawa Tengah saja, namun ada pula yang berasal dari Universitas Brawijaya (UB) Malang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Sriwijaya (Unsri) Palembang, bahkan ada juga peserta dari Aceh.

Intan Prihandini, salah seorang peserta walk-in recruitment menanggapi kegiatan ini dengan positif. “Bagus sekali recruitment yang dilakukan, tesnya berjalan kondusif, teratur, dan lacar,” ujarnya. (MDP/RS)