Program studi Arsitektur Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia (FTSP UII) kembali mengirim mahasiswa ke luar negeri dalam rangka pertukaran pelajar. Sebanyak 3 mahasiswa resmi dilepas oleh pihak universitas pada Jumat, (06/09) di Gedung Rektorat, Kampus Terpadu UII.

Dua orang mahasiswa yakni Ajeng Sharma Diva Sharietta dan Aanisah Ayu Wulandari meraih program beasiswa dari Erasmus+ untuk menimba ilmu di Fatih Sultan Mehmed Vakif University, Turki. Sedangkan Abraham Risyad Adikuncoro menimba ilmu di The Hochschule Wismar University of Applied Sciences, Jerman.

Dr. Ing. Putu Ayu Pramanasari Agustiananda, S.T., M.A selaku Sekretaris Jurusan Program Internasional Prodi Arsitektur menjelaskan ini merupakan ketiga kalinya mahasiswanya peroleh kesempatan beasiswa studi ke luar negeri. “Program pertukaran pelajar ini memfasilitasi mahasiswa belajar di sana selama satu semester. Hasil dari pembelajaran tersebut dapat dikonversikan ke mata kuliah yang ada di UII”, ujarnya.

Sedangkan Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaa, Keagamaan & Alumni berpesan kepada mahasiswa untuk tetap menjaga perilaku yang baik walaupun dengan perbedaan kebiasaan dan budaya yang ada di kedua negara tujuan. Selain itu, mereka juga diharapkan tetap menjaga kesehatan dan nama baik almamater serta diri sendiri selama mengikuti program pertukaran pelajaran disana.

Selain mengucapkan selamat kepada mahasiswa, Ir. Wiryono Raharjo, M.Arch., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Networking & Kewirausahaan juga mengingatkan agar kegiatan ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya serta dapat membawa pulang hal-hal baik untuk dapat ditularkan ke mahasiswa UII lainnya.

Aanisah dan Ajeng akan terbang ke Turki pada pertengahan bulan September ini sementara Abraham akan terbang ke Jerman pada Oktober mendatang. Sebelum berangkat, ketiga mahasiswa ini akan diberikan pembekalan oleh prodi supaya semakin siap untuk menimba ilmu di luar negri. (NIQ/ESP)