Sebanyak 50 mahasiswa Program Studi (Prodi) Perbankan dan Keuangan D3 Fakultas Ekonomi UII meraih gelar profesi dari Ikatan Bankir Indonesia. Gelar profesi tersebut diberikan oleh Ikatan Bankir Indonesia kepada pemilik sertifikat kompetensi yang teleh memenuhi kualifikasi dan dinyatakan kompeten dalam uji sertifikasi kompetensi profesi, yang dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Perbankan (LSPP) sebagai LSP yang telah memiliki lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Penyerahan gelar profesi yang digelar di Plaza Mandiri Jakarta pada pada Senin, 10 Desember 2018 lalu merupakan kegiatan rutin tahunan yang dihadiri oleh direksi bank seluruh Indonesia dan dilaksanaan bersamaan dengan kegiatan seminar Economic Outlook Perbankan 2019 sekaligus dalam rangka memperingati hari jadi Ikatan Bankir Indonesia ke-13.

Ditemui di Kampus UII pada Jumat (14/12), Ketua Prodi D3 Perbankan dan Keuangan Fakultas Ekonomi UII, Dra. Diana Wijayanti, M.Si. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengemukakan bahwa pelaksanaan sertifikasi bagi mahasiswa vokasi merupakan satu hal yang sangat diperlukan saat ini, mengingat makin tingginya kompetisi memasuki dunia kerja.

Disampaikan Diana Wijayanti perguruan tinggi dituntut dapat menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi siap kerja dan sesuai dengan kebutuhan industri, terlebih setelah diimplementasikannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sejak akhir 2015 lalu. “Diharapkan, melalui program sertifikasi tersebut, dapat meningkatkan kualitas lulusan Prodi Perbankan dan Keuangan sehingga memiliki nilai tambah dan siap bersaing memasuki dunia kerja,” tuturnya.