Mahasiswa UII Juara 1 ERPsim Asia Pacific Japan Cup 2017

Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini, tim Program Studi (Prodi) Akuntansi Fathan Mubina yang terdiri dari 4 mahasiswa Prodi Akuntansi 2014 yaitu Huda Aulia, Muhammad Guntur Pamungkas, Mara Khwarizmi dan Arif Habibullah berhasil meraih juara satu pada kompetisi tahunan Enterprise Resource Planning Simulation (ERPsim) Asia Pasific Japan Cup 2017, Rabu (15/3).

Penyerahan hadiah berupa AUD$500 cash prize dari QUT dan AUD$500 Gift voucher dari Hec Montreal diserahkan secara simbolis oleh ketua Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII, Dekar Urumsah Drs., S.Si,. M.Com(IS). Didampingi coach ERPsim Dra. Primanita Setyono, MBA., Ak., CA., SAP Certified, dan Noor Endah Cahyawati, S.E., M.Si., SAP. Certified.

Disampaikan Primanita Setyono yang juga Direktur ERP Computer Center Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi UII, kompetisi ini diikuti oleh 12 tim dari berbagai negara yaitu Australia, Hong Kong, Indonesia, Korea, Filipina dan Thailand. Tim Fathan Mubina merupakan satu satunya tim yang mewakili Indonesia pada kompetisi kali ini.

Primanita Setyono menambahkan, pada kompetisi ini setiap tim disimulasikan untuk mengelola dan menganalisis data perusahaan virtual menggunakan SAP Business Suite on SAP HANA maupaun data pesaing untuk mengambil keputusan yang tepat. Selain itu peserta juga saling bersaing dalam mendominasi pangsa pasar.

“Lesson Learned ERPsim Competition APJ CUP 2017 adalah menjadi market leader challenging. Karena semakin dominan di pasar maka jumlah pesaingnya semkin banyak. Apabila posisi tanggung maka akan mudah goyah dan akan digantikan followers, semetara mengganti strategi baru tidak semudah membalikan telapak tangan,” ujar Primanita Setyono.

Di sisi lain menurut Primanita Setyono, setiap anggota tim memilki tugas dan fungsi masing masing dalam menjalankan perusahaan virtual pada simulasi ERP. Oleh karenanya diperlukan komunikasi yang baik antar anggota untuk menjalankan simulasi ini.

“Strategi accounting tim Fathan Mubina meraih juara, karena unggul di team work, handal menganalisi data perusahaan dan pasar serta pengambilan keputusan yang tepat,” jelas Primanita Setyono.

Tahun lalu tim program studi akuntansi UII berhasil menyandang gelar jura kedua pada ERPsim tingkat dunia. Dengan kemeangan kali ini, tim akuntansi UII dipastikan akan maju pada tahap selanjutnya untuk mewakili region Asia pada kompetisi ERPsim tingkat dunia di bulan juni mendatang.

“Tahun lalu UII berhasil mendapatkan juara dua, kali ini kami berharap di bulan Juni mendatang mampu meraih juara satu dan mengharumkan nama Indonesia serat UII di mata internasional,” jelas Huda yang dibenarkan Mara selaku anggota tim Akuntansi UII. (BDY/RS)