Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Prestasi tersebut diraih oleh Kanza Latunhi Rayes (2016), Fatma Reza Zubarita (2016), Ulfa Rofillah Meiyona (2015), Addi Fauzani (2014), serta Yuniar Riza Hakiki (2014). Kelima mahasiswa Fakultas Hukum tersebut sukses meraih Juara 2 Legislative Drafting Social Science in National Law Competition (Sciencesational) 2017.

Sciencesational 2017 diselenggarakan oleh Lembaga Kajian dan Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia dengan Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, pada Rabu – Sabtu (15-18/11) bertempat di Universitas Indonesia, Depok. Kompetisi ini merupakan ajang bagi mahasiswa Fakultas Hukum untuk berkontribusi dalam mengatasi permasalahan aktual yang sedang dihadapi oleh Indonesia.

Salah satu anggota tim, Kanza Latunhi Rayes menyampaikan bahwa dengan mengikuti Legislative Drafting Competition dapat mengasah kemampuan penafsiran dalam berfikir untuk menghadapi persaingan yang cukup ketat.

“Persaingan yang begitu berat, melatih kita untuk menyeimbangkan usaha secara maksimal dan diimbangi dengan doa”, tuturnya.

Sementara Fatma Reza Zubarita menyatakan bawha diperlukan kemampuan dalam berfikir secara logis dan kritis untuk menyampaikan argumen dan gagasan tim untuk meyakinkan dewan juri.

“Kemampuan berfikir kritis dan kemampuan untuk tetap berpegang teguh dengan deretan pertanyaan dewan juri, sehingga melatih mental dan cara berpikir yang progresif”, ucapnya.

Lebih Lanjut Ulfa Rofillah Meiyona menyampaikan bahwa semua usaha yang mereka dapatkan hingga saat ini merupakan buah dari hasil kerjasama tim yang solid.

“Saya menyadari bahwa kerjasam tim sangat dibutuhkan dalam kompetisi ini, terutama untuk memperdalam riset dan penormaan peraturan”, ungkapnya.

Sciencesational 2017 mengangkat tema “Ekonomi Kreatif: Membangun Kerangka Hukum bagi Kekuatan Baru Perekonomian Indonesia”. Adapun mekanisme untuk dapat mengikuti kompetisi tersebut diawali dengan melakukan pengiriman Naskah Akademik dan Rancangan Undang-Undang.

Kemudian terpilih 5 tim unggulan yang lolos pada tahap presentasi, yakni Universitas Hasanuddin A, Universitas Hasanuddin B, Universitas Tarumanegara sekaligus peraih Juara 1, Universitas Islam Indonesia sebagai Juara 2, serta Juara 3 diraih oleh Universitas Diponegoro. (IH)