Mahasiswa Akhwal Syakhsiyyah Fakultas Ilmu Agama Islam yang terdiri dari Aldi Ardianto, Ardiansyah Pontoh, dan Tegar Alfisyahri Pohan berhasil mendapatkan juara 3 pada Family Law Competition 2019 Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Kompetisi ini diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Hukum Keluarga Fakultas Syariah dan Hukum bekerja sama dengan Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI.

Lomba tingkat nasional ini diikuti oleh dua belas Perguruan Tinggi seperti IAIN Palopo, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Universitas Islam 45 Bekasi, IAIN Surakarta, UIN Suska Riau, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Salatiga, UIN Sumut, UIN Sunan Kalijaga, IAIN Purwokerto, dan Universitas NU Jakarta. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, 21-23 November 2019 bertempat di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Debatnya sendiri memiliki empat tahapan. Pertama yaitu babak penyisihan, perempat final, semifinal dan grand final. Nah kami sampai pada babak semifinal dan mendapatkan juara III”, ucap Aldi Ardianto selaku salah satu perwakilan UII.

Aldi juga menceritakan proses latihannya yang memakan waktu dua minggu. “Kami latihan selama dua minggu mulai dari tanggal 5 November.” Dikatakan olehnya bahwa motivasinya beserta tim untuk mengikuti lomba ini adalah ingin memperluas wawasan dalam bidang hukum keluarga.

“Motivasi kami ikut lomba ini karena ingin mengembangkan ilmu tentang hukum keluarga dan mengharumkan nama UII terutama prodi Akhwal Syakhsiyyah”, imbuhnya.

Ditambahkan olehnya bahwa salah satu rintangan yang dihadapinya adalah singkatnya waktu persiapan untuk mencari materi dan anggota. Ia berharap ke depannya UII dapat menjadi tuan rumah untuk event debat nasional hukum keluarga semacam ini. (DRD/ESP)