Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) berhasil meraih juara 3 Kategori World Class pada kejuaraan Internasional Thailand World Music Championships 2018 (TWMC 2018). Pada kompetisi bergengsi itu, MB UII menampilkan pertunjukan bertajuk “PIANO (EBONY AND IVORY)” yang menceritakan ras kulit hitam dan ras kulit putih dalam menjalani kehidupannya.

Tema tersebut membawa pesan terciptanya keharmonisan hidup layaknya tuts berwarna hitam dan putih yang selalu bersama pada alat musik piano. Paket penampilan PIANO berhasil mengantarkan MB UII yang semula masuk kategori Open Class pada babak Preliminary, hingga masuk kategori World Class pada Final Marching Show Band.

Field Commander (FC) MB UII Ramadhan Dwiki menyampaikan, untuk bisa masuk dalam kategori World Class tidak mudah. Setiap Unit Marching Band harus mengantongi nilai di atas 82.0 pada babak Preliminary.

Ini merupakan kali pertama bagi MB UII mengikuti kejuaraan Internasional di luar Indonesia. Dengan jumlah 84 player, MB UII tampil pada babak Preliminary pada hari Jumat tanggal 14 Desember 2018 dengan total nilai 82.750.

Meski mengaku awalnya sangat grogi pada babak Preliminary, namun dia tetap yakin bahwa semua yang sudah dia kerjakan itu lah yang terbaik.

“Awalnya sangat nervous, tapi dengan yakin saat masuk ke lapangan saya ucapkan bismillah di dalam hati. Seketika langsung hilang nervousnya dan apalagi saat dikumandangkan lagu shalawat bhadar saat pertama kali di lapangan semakin yakin kalau apa yang kita kerjakan selama ini itulah yang terbaik yang kita raih selama ini” ujarnya.

Tidak sendirian, Ramadhan Dwiki ditemani dengan kedua FC lainnya yaitu Laras Laksita dan Abdul Halim Hanafi sudah berusaha maksimal dalam memimpin sebuah penampilan hingga menghantarkan MB UII ke dalam Final World Class.

Pada Final di hari Minggu, 16 Desember 2018 lalu MB UII kembali menampilkan “PIANO”. Alunan Shalawat Badar pun ikut dimainkan sebagai lagu pemanasan dan sebagai ciri khas MB UII sejak Kejuaraan sebelumnya pada Grand Prix Marching Band (GPMB) 1994.

Hingga akhirnya MB UII mendapatkan juara 3 World Class dengan total nilai 84.400. “Meraih juara 3 world class TWMC 2018 menjadi sebuah kebanggaan bagi MB UII karena ini merupakan kejuaraan internasional luar negeri pertama yg kita ikuti dan juga merupakan cita – cita MB UII sejak lama yang alhamdulillah bisa kita realisasikan tahun ini”, Ujar Dicky Gra Anggara Ketua MB UII periode 2017/2018.

Gelar juara ini tentunya menjadi pacuan semangat bagi semua player, salah satunya Marvia player Color Guard “Kalau ada kejuaraan lagi insyaallah saya ikut, saya juga nyaman dan senang menjadi bagian MB UII” ujar Marvia mahasiswa jurusan Akuntansi angkatan 2017. Pada hari Selasa,18 Desember 2018 di Bandara Soekarno Hatta, MB UII telah kembali ke Indonesia dengan selamat dan juga rasa bangga yang menyelimuti setiap player.