,

MTQ UII 2018 Sukses Digelar

Demi menyongsong kemajuan peradaban Islam, dibutuhkan para pemimpin yang bukan hanya memiliki semangat tinggi terhadap ilmu pengetahuan namun juga memiliki karakter Qurani. Oleh karenanya, Direktorat Pendidikan dan Pembinaan Agama Islam (DPPAI) Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan El-Markazi UII menyelenggarakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) UII 2018 Tingkat Mahasiswa Se-DIY pada Minggu (2/12), bertempat di Kampus Terpadu UII.

Mengambil tema “Integrasi Intelektualitas dan Karakter Qurani dalam Mencetak Insan Ulil Albab”, kegiatan ini ditujukan untuk memberi wadah bagi seluruh mahasiswa se-DIY guna mengasah bakat dan melatih keahliannya di bidang kompetisi ke Quranan. Selain itu MTQ UII 2018 dimaksudkan sebagai wujud dakwah dan syiar Al-Quran serta wadah silaturahmi bagi para mahasiswa pecinta Al-Quran.

Pada pelaksanaannya, MTQ UII 2018 menyelenggarakan 5 cabang lomba yang meliputi Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), Musabaqah Hifzhil Quran (MHQ), Musabaqah Khattil Quran (MKQ), Musabaqah Syarhil Quran (MSQ) dan Musabaqah Fahmil Quran (MFQ). Tercatat sejumlah 16 Perguruan Tinggi se-DIY dengan total 206 peserta yang mengikuti kegiatan ini.

Auzia Hilmi Muhammad selaku Ketua Panitia MTQ UII 2018 menuturkan harapannya agar MTQ menjadi ajang untuk semakin meningkatkan interaksi mahasiswa dengan Al-Quran. “Harapan saya dengan adanya MTQ ini mahasiswa, remaja, bisa semakin kuat, semakin dekat, semakin melekat dengan Al-Quran. Maka dengan adanya MTQ UII semoga dapat merevitalisasi semangat para individu untuk menjaga Al-Quran,” ujarnya saat menyampaikan prakata dari panitia.

Selain itu, ungkapan bangga disampaikan atas kesuksesan acara ini oleh Dr. Aunur Rohim Faqih, S.H. M.Hum selaku Direktur DPPAI UII sambutannya di malam penutupan MTQ UII 2018, Minggu (2/12). “Peserta yang 200 lebih ini bagi kami adalah hal yang penuh kebanggaan, harapannya, nanti mungkin tidak hanya terselenggara di level Jogja saja, tapi juga Nasional dan ke Depan hingga Internasional,” ujarnya diikuti oleh tepuk tangan dan sorak sorai peserta yang hadir. Sambutan Direktur DPPAI tersebut sekaligus menutup seluruh rangkaian kegiatan MTQ UII 2018.

Pada malam penutupan juga digelar pengumuman kejuaraan dan pembagian hadiah kepada seluruh juara cabang lomba, serta penobatan juara umum. Diserahkan langsung oleh Direktur DPPAI UII, piala Juara Umum diberikan kepada Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai perguruan tinggi dengan raihan prestasi terbanyak pada ajang ini. (MIH/RS)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *