PAI UII Dorong Pengembangan Profesionalisme Kepala Madrasah

Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) UII melalui lembaga Madrasah Empowerment Center (MEC) kembali meneguhkan komitmennya untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam. Hal ini salah satunya ditunjukkan dengan menyelenggarakan Workshop Pengembangan Profesionalisme Kepala Madrasah Berkarakter Profetik. Workshop berlangsung di Ruang Prodi PAI, Sabtu, (25/2) serta dihadiri oleh Kepala Madrasah MTs hingga MA baik negeri maupun swasta dari Kab. Sleman, Bantul dan Kota Yogyakarta. Dua narasumber yang dihadirkan dalam acara ini yakni Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. yang merupakan Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY dan dosen tetap PAI UII, Dr. Drs. H. Ahmad Darmadji, M.Pd.

Diungkapkan Wakil Dekan FIAI UII, Dra. Sri Haningsih, M.Ag bahwa workshop bertujuan mengoptimalkan peran kepala madrasah sebagai top leader serta performance lembaga madrasah melalui peningkatan manajemen mutu. “Prodi PAI UII memprioritaskan calon mahasiswa baru yang berasal dari madrasah agar menjadi inline dengan visi misi Prodi PAI”, ungkapnya.

Ia juga berkomitmen untuk terus mendukung penguatan madrasah agar tidak lagi identik sebagai pilihan kedua (second choise) namun dapat menjadi the first choise destinasi pendidikan.

Sementara itu pembicara Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I. menyampaikan beberapa poin penting terkait dengan profesionalisme kepala madrasah berkarakter profetik. Beliau menuturkan, sebagai Kepala Madrasah harus memiliki kompetensi yang dibutuhkan sesuai Permendiknas No. 13/2007 yaitu: Kompetensi Kepribadian, Sosial, Manajerial, Supervisi, dan Kewirausahaan.

Ia juga meresepkan lima kunci sukses kepemimpinan menurut Nabi Muhammad yang dapat dijadikan acuan dalam memimpin, yakni antara lain selalu berkonsultasi dengan wahyu, mengedapankan musyawarah, contohnya dalam menyusun RKAM perlu melibatkan seluruh dewan pengelola madrasah, konsistensi antara ucapan dan tindakan, rasa yang sama dengan rakyatnya, dan ketenangan dalam menghadapi setiap permasalahan.

Tidak hanya itu, ia juga membahas terkait target utama kepemimpinan kepala madrasah, kompeteni kepemimpinan, profesionalisme kepala madrasah, dan fokus utama pengembangan madrasah. Berkaitan dengan karakter profetik, ia berharap kepala madrasah harus mampu mengelaborasi empat sifat utama Rasulullah (Sidiq, Amanah, Fathonah, Tabligh) dalam kepemimpinannya.Empat sifat mulia Rasulullah tersebut merupakan empat pilar utama dalam membangun profesionalisme kepala madrasah yang berkarakter profetik.

Sebagai narasumber pada sesi kedua, Dr. Drs. H. Ahmad Darmadji, M.Pd. membahas tentang PKG (Penilaian Kinerja Guru). Lebih lanjut, beliau lebih menekankan pada pentingnya kepala madrasah memiliki program unggulan dan mencetak sejarah dengan membentuk madrasah rintiasan yang berdaya saing/ unggul, dan memiliki cirikhas. Kepala madrasah juga diharapkan mampu menjadi penggerak dengan memperhatikan kesejahteraan batin dan lahir untuk memotivasi kinerja guru sehingga kualitas marasah semakin baik.