Sukses menggarap tiga generasi Mobil Listrik Kaliurang Unisi, tak lantas membuat Tim Mobil Listrik Ulil Albab Student Center (UASC) berbesar hati. Semangat yang terus menerus ada pada setiap anggota tim Mobil Listrik UASC tampak pada hasil garapan terbaru yang berwujud Sepeda Listrik yang diberi nama PitX.

Dilatarbelakangi adanya investor yang menginginkan inovasi baru dari Mobil Listrik Kaliurag Unisi, Tim Mobil Listrik UASC berhasil menemukan inovasi baru berupa sepeda listrik. Pemilihan sepeda listrik sebagai produk terbaru ini diharapkan dapat dipasarkan.

“Karena tujuannya untuk bisa dipasarkan, awalnya kita berfikir untuk membuat city car sehingga bisa digunakan oleh masyarakat. Namun terkendala biaya, akhirnya kami sepakat untuk membuat sepeda listrik,” ungkap Rian selaku Ketua Tim Mobil Listrik UASC.

Menurut Rian pembuatan sepeda listrik ini tidaklah berjalan dengan mudah. “Ini ide sekitar tahun 2016 akhir, namun kita harus beralih ke investor lain yang tertarik pada sepeda listrik hingga akhirnya baru di tahun 2017 kita mulai pembuatannya,” lanjutnya.

Sepeda Listrik garapan mahasiswa UII ini mengusung konsep modern-klasik dengan baterai litium ion 42AH, kontroller seri 2KW dan motor penggerak BLDC 1 KW. Sepeda Listrik ini ditargetkan dapat menempuh kecepatan hingga 60 Km/jam. Konstruksi dari sepeda listrik ini rencananya akan menggunakan karbon, namun untuk prototype sepeda listrik ini masih menggunakan besi.

Kelebihan dari sepeda Listrik karya mahasiswa UII ini konsepnya modern-klasik atau bisa dibilang model retro, jadi berbeda dengan sepeda listrik yang lainnya. Selain itu, Mampu melaju dikecepatan tinggi karna kami mengusung konsep high performance. “Sepeda listrik ini dibuat sesuai dengan permintaan. Sehingga kami berharap pemilik sepeda ini nantinya akan memiliki tingkat eksklusifitas yang tinggi,” tutur Rian.

Mengikuti jejak Mobil listrik Kaliurang Unisi, Sepeda Listrik UII ini memperoleh kesempatan dari PT. Dyandra Promosindo untuk dapat dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, yang digelar di Jakarta International Expo pada 19-29 April 2018.

Pada hari pertama penyelenggaraan IIMS 2018, Presiden RI Joko Widodo berkesempatan hadir dan melihat secara langsung Sepeda Listrik PitX. Pada kunjungannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi yang tinggi atas kreativitas anak-anak muda Indonesia yang menggarap sepeda listrik. Joko Widodo juga mengatakan bahwa konsep desain dari sepeda listrik PitX ini sangatlah bagus.

“Pak Jokowi (Joko Widodo) juga kagum mendengar bahwa sepeda ini dapat melaju dengan kecepatan 60 KM/jam. Beliau juga memberikan semangat kepada kami untuk terus berinovasi dan semakin kreatif,” ujar Rian.

Kedepannya Rian berharap pengembangan Sepeda Listrik PitX dapat terus dijalankan. Sepeda listrik ini menurut Rian melibatkan alumni dan mahasiswa UII, sehingga sangat diharapkan koordinasi antara keduanya masih dapat terus berlangsung.

“Saya juga berharap kedepannya akan ada rute program yang jelas terkait apa yang selanjutnya akan dilakukan dari produk-produk Tim Mobil Listrik UASC. Seperti misalnya setelah lomba, nanti mau fokus apa, fasilitas selanjutnya dari UII itu apa dan peran dari alumni selanjutnya bagaimana,” Ungkap Rian. (NI/RS)