Setelah melakukan pengembangan secara terus-menerus, pada bulan April 2018 Tim Mobil Listrik Ulil Albab Student Center (UASC) Universitas Islam Indonesia (UII) kembali memamerkan hasil karyanya dalam penyelenggaraan ajang Internasional IIMS (Indonesia International Motor Show) 2018, di Jakarta International Expo, yang digelar 19-29 April 2018.

IIMS 2018 merupakan acara pameran bergengsi bertaraf internasional dibidang otomotif yang diadakan di Jakarta setiap tahunnya oleh PT. Dyandra Promosindo. Iven ini diisi oleh puluhan merk otomotif ternama diantaranya Daihatsu, Toyota dan Suzuki. Bukan hanya mobil saja, namun IIMS juga menyediakan pameran untuk para pecinta motor besar seperti Harley Davidson dan Ducati.

Pameran ini juga sebagai wadah untuk meluncurkan produk-produk otomotif terbaru.
Ditahun ini, PT. Dyandra Promosindo kembali memberikan kesempatan kepada mahasiswa Indonesia untuk menunjukkan karyanya dibidang otomotif. Karya-karya mahasiswa yang dipamerkan di IIMS 2018 berasal dari Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Brawijaya, Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Politeknik Negeri Bandung.

Untuk Tim Mobil Listrik UASC, tahun 2018 merupakan tahun ke-4 dalam keikutsertaannya di IIMS. Di tahun 2015 merupakan tahun pertama Mobil Listrik UASC mengikuti ajang IIMS dan menjadi satu-satunya karya mahasiswa yang dipamerkan bersama otomotif canggih lainnya.

“Perbedaan dengan tahun lalu itu dalam hal konsepnya. Untuk tahun ini pengunjung diberi kesempatan untuk mencoba secara langsung mobil yang dipamerkan di IIMS. Selain itu, Mobil listrik yang kami pamerkan untuk IIMS 2018 yaitu Mobil Listrik Kaliurang UNISI Generasi ke-3,” jelas Rian Nur Adiyatama selaku ketua Tim Mobil Listrik UASC.

Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi ke-3 merupakan generasi terbaru dari mobil listrik yang dimiliki Tim Mobil Listrik UASC. Mobil listrik ini mengusung teknologi telemetry yang telah didesain selama 1 tahun. Dengan penggunaan teknologi telemetry ini, dapat terlihat suhu, baterai dan daya yang dimiliki mobil tersebut dalam satu layar.

Selain itu menurut Rian, mobil listrik ini dilengkapi dengan self developed battery management system (BMS) dan sistem live streaming. Mobil Listrik Kaliurang Unisi Generasi ke-3 ini memiliki kecepatan hingga 70 Km/jam dan memiliki bobot yang lebih ringan dari mobil sebelumnya yaitu 120 Kg.

Rian juga menjelaskan, pada hari pertama IIMS 2018 Presiden RI Joko Widodo menyempatkan diri berkunjung ke stand UII. Dalam kunjungannya, Orang nomor satu di Indonesia ini menanyakan perihal perlombaan yang akan diikuti oleh Tim Mobil Listrik UASC di kancah Internasional.

“Tahun lalu, Tim Mobil Listrik UASC berkesempatan mengunjungi Istana Presiden mengenai perlombaan yang akan kami ikuti di Jepang pada bulan September mendatang. Pada kunjungannya di hari pertama IIMS 2018, Beliau kembali menanyakan jadi atau tidaknya Tim Mobil Listrik UASC ikut serta dalam lomba tersebut,” lanjut Rian.

“Kami sedang mengusahakan untuk dapat ikut serta dalam lomba tersebut. Usaha-usaha yang sudah kami lakukan diantaranya mengajukan proposal ke Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan perusahaan-perusahaan otomotif yang ada di Indonesia,” jawabnya.

Dalam tinjauannya di stand UII, Presiden Joko Widodo tidak lupa mengapresiasi perjuangan yang sudah dilakukan oleh Tim Mobil Listrik UASC dengan memberikan tanda tangan di mobil listrik kebanggaan karya mahasiswa UII tersebut. Selain itu, Presiden Joko Widodo berpesan kepada Tim Mobil Listrik UASC untuk tetap semangat agar dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional.

“Kedepannya, Tim Mobil Listrik UASC berencana hingga bulan September akan mempersiapkan semua berkas untuk dapat mengikuti lomba FSAE di Jepang dan fokus memperbaiki Mobil Listrik Kaliurang UNISI Generasi ke-2 untuk dapat diikutkan lomba,” pungkas Rian. (NI/RS)