Di era teknologi informasi, banyak peluang yang bisa diraih mahasiswa untuk mendulang prestasi. Sejalan dengan ini, Fakultas Tehnik Informatika UII menyelenggarakan seminar bertemakan “Explore Your Ideas” di Auditorium UII pada. Pembicara yang hadir yakni Beni Suranto (Direktur Kemahasiswaan UII) dan Eka Indarto (Jogja Media Net). Acara ini merupakan rentetan dari “Road to Infromatika Berprestasi” yang di dalamnya meliputi Talkshow Informatika Bisa, Workshop Implement Your Ideas, Informatics Competition dan Seminar Be A Champions.

Tujuan dari diadakannya acara ini adalah untuk memantik produktivitas mahasiswa dalam hal akademik. Target yang akan dicapai adalah PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa), Gemastic (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi), dan juga Kompetisi di dalam internal program studi.

Beni Suranto sebagai salah satu pembicara dalam seminar menekankan kepada kompetisi di ajang internasional. Beberapa prestasi di ajang nasional seperti yang sudah diraih oleh beberapa UKM Informatika telah membuktikan daya juang kompetisi. “Kalian harus mulai merambah kompetisi di ajang internasional, tidak hanya fokus kepada ajang nasional”, tuturnya.

Sedangkan Eka Indarto yang merupakan praktisi IT Jogja Media Net lebih menekankan kepada studi dampak dari Ilmu Informatika. Perkembangan studi IT berawal dari pengukuran atas suatu kebutuhan dan kini lebih kepada dampak yang bisa diberikan dari Ilmu Informatika ini.

Alat ukur dari IT sekarang tidak hanya berhenti pada Service Performance namun juga Experience Performance. Salah satu hal yang paling dekat dengan IT saat ini adalah ekonomi sehingga harus ada perkembangan antara IT dan dampak ekonomi. Dampak ekonomi berkembang dengan Extract Commodities, Make Goods, Deliver Services dan Stage Experiences.

Ia mencontohkan seperti di Amerika terdapat software untuk membaca DNA dari foto. Dampak yang muncul adalah untuk meminimalisir human traficking. Saat ini untuk masalah ekonomi, solusi IT harus ada kerangka kerja dengan Solusi Bisnis.

Hal tersebut juga diamini oleh Bapak Hari selaku dosen pembimbing acara Road to Show Informatika Berprestasi. “Kami ingin menciptakan forum yang mampu meningkatkan produktivitas mahasiswa dalam berkarya khususnya bidang IT. Kami ingin mahasiswa Informatika UII dapat bersaing dengan mahasiswa lainnya khususnya UII, Nasional bahkan Internasional. PKM, Gemastik dan Kompetisi internal adalah target kami untuk saat ini”, pungkasnya. (BKP)