Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Islam Indonesia (UII) bekerjasama dengan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) selenggarakan konferensi internasional bertajuk “International Symposium on Electronics and Smart Devices” (ISESD) 2017. Kegiatan ini diselenggarakan di The Alana Hotel Yogyakarta & Convention Center, pada 17 – 19 Oktober 2017.

Ida Nurcahyani, ST, M.Eng, selaku penanggung jawab dari Prodi Teknik Elektro UII menjelaskan, terdapat beberapa topik yang dilombakan dalam konferensi seperti Devices, Circuits, and Systems, Very Large Circuit Integrated (VLSI), Communication Systems, Multimedia and Systems serta Internet of Things. Peserta dari konferensi internasional ini berasal dari berbagai negara dan tentunya juga dari Indonesia. “Ada sekitar 75 paper yang masuk, dan 24 diantaranya dari internasional,” ujarnya.

Disampaikan Ida Nurcahyani, selain konferensi juga diisi oleh para pakar dari berbagai universitas di Indonesia juga luar negeri, seperti Dr. Yoshio Mita (Assc. Professor at The University of Tokyo), Dr. M. K. Radhakrisnan (IEEE EDS Vice President of Regions and Chapter), Dr. David Stoppa (Heptagon – AMS Group Zurich, Switzerland), dan Basuki Rachmad Alam, M.Sc, Ph.D (University Center of Exellence).

Ida Nurcahyani menuturkan, para mahasiswa sebaiknya pernah mengikuti acara konferensi internasional, baik itu sebagai pesertanya maupun menjadi sebagai committee nya. “Jadi setidaknya mereka bisa tahu, seperti apa lingkungan presentasi di konferensi internasional,” ungkapnya. (MDP/RS)