Doktor Hukum Islam

Fakultas Ilmu Agama Islam
Program Studi Ilmu Agama Islam Program Doktor

Rekognisi Global Untuk Calon Doktor Hukum Profesional

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) menjadi kebutuhan tersendiri bagi UII. FIAI merupakan fakultas agama yang dimiliki UII yang sejak awal berdirinya telah berkembang dan tidak sedikit menghasilkan lulusan sarjana yang berkualitas. Lebih dari itu kenyataan memperlihatkan bahwa FIAI juga tetap memerlukan peningkatan serta pengembangan baik secara institusional maupun struktural agar lebih mampu mengantisipasi serta menjawab tantangan masa depan. Sebagai Fakultas Ilmu Agama di UII yang rahmatan lil’alamin maka FIAI mempunyai visi untuk menjadi pusat rujukan hukum Islam, pendidikan Islam, dan ekonomi Islam. Semua upaya dilakukan untuk menyiapkan pakar profesional Hukum Islam, Pendidikan Islam, dan Ekonomi Islam yang memiliki komitmen terhadap keunggulan kompetensi.

Dengan menelaah perkembangan-perkembangan mutakhir tersebut, juga dengan mempertimbangkan wacana yang berkembang tentang niat dan cita-cita pendirian UII, maka FIAI UII membuka Program Studi Doktor Hukum Islam (Prodi DHI JSI FIAI UII) dengan Konsentrasi Hukum Islam dan Hukum Ekonomi Syariah.

Ciri khas Prodi DHI adalah mencetak doktor yang ahli dalam bidang hukum Islam berwawasan keislaman dan keindonesiaan, dan ahli dalam bidang sistem hukum Indonesia.

Penyelenggaraan Prodi DHI diorientasikan untuk menghasilkan lulusan atau Doktor yang mempunyai kompetensi dan ciri khas keilmuan dalam bidang Kajian Hukum Islam, sebagai berikut :

No

Profil Lulusan

Spesifikasi

1

Mampu menerjemahkan isu-isu aktual dari sudut pandang hukum Islam yang berkarakteristik Keislaman dan Keindonesiaan. Spesifikasi Utama: Akademisi pada Perguruan Tinggi dan Pakar di bidang Hukum dan Hukum Islam.

2

Mampu menjawab problem kemasyarakatan dengan produk karya ilmiah/tulis terpublikasi dan atau kiprahnya dalam memberikan kontribusi produk fatwa hukum Islam. Spesifikasi Tambahan: Peneliti, Pengembang, dan Penulis ilmu hukum Islam di bidang keagamaan- kemasyarakatan.

3

Mampu memutuskan dan menyelesaikan berbagai sengketa sesuai dengan kompetensi pengadilan yang dapat dipertagungjawabkan secara akademik dan perundang-undangan. Spesifikasi Lainnya Pemikir, praktisi dan konsultan dalam pelaksanaan pembangunan dan pengembangan umat Islam.

Persyaratan umum: 

  1. Berlatar belakang pendidikan Magister baik yang diperoleh dari Universitas/lnstitut Negeri maupun swasta semua jurusan. 
  2. Bagi peserta asing berlaku ketentuan bahwa yang bersangkutan menguasai bahasa Indonesia dan memperoleh izin dari Departemen Pendidikan Nasional.
  3. Membayar biaya pendaftaran dan Melengkapi formulir pendaftaran.

Syarat Khusus:

  1. Bagi mahasiswa yang berlatar belakang strata 2 (S-2) di bidang bukan hukum Islam, maka harus menempuh matakuliah Matrikulasi.
  2. Indeks Prestasi Kumulatif Magister minimal 3,00 (tiga koma nol).
  3. Biaya pendaftaran Rp 500.000 (lima ratus ribu rupiah).
  4. Surat Pernyataan Bermaterai
  5. Referensi Akademik / Surat Rekomendasi Rekomendasi
  6. Ijazah S1 dan S2 Legalisir
  7. Transkip Nilai S1 dan S2 Legalisir
  8. Sertifikat TOEFL/CEPT/TOAFL
  9. Akte Kelahiran Calon Mahasiswa
  10. KTP dan KK Calon Mahasiswa
  11. Izin dari instansi bagi yang sudah bekerja.
  12. Foto berwarna terbaru ukuran 4×6 dengan latar belakang warna Biru, wajah terlihat jelas dengan posisi menghadap lurus ke arah kamera, mata terbuka, dan tidak tertutupi oleh ornamen. Proporsi wajah 80% dari area foto.
  13. Rencana Proposal Disertasi

Prosedur Pendaftaran:

  1. Membayar biaya pendaftaran via Transfer
  2. Konfirmasi Pembayaran Pendaftaran melalui WA di 081-7542-5758 atau datang langsung ke Bagian Administrasi Prodi DHI FIAI UII, Jl. Demangan Baru No. 24, Lantai 2 Yogyakarta 55281.
  3. Pengiriman formulir dengan pilihan:
    • Formulir Hardcopy, dikirim via pos ke alamat pendaftar
    • Formulir Online, link akan dikirim via contact person pendaftar
  4. Mengisi Formulir pendaftaran dan mengembalikannya ke Prodi
    • Untuk Formulir Hardcopy pengembalian  dengan melampirkan Syarat-syaratnya
    • Untuk Formulir Online berkas persyaratan langsung diupload

PERKIRAAN BIAYA STUDI

Total Biaya Pendidikan Prodi DHI adalah Rp. 92.500.000 (Sembilan puluh dua juta lima ratus ribu rupiah). 

Biaya tersebut meliputi;

  • SPP 4  semester teori 
  • Biaya ujian komprehensif/Kualifikasi
  • Biaya Ujian seminar proposal
  • Biaya bimbingan disertasi
  • Biaya ujian kelayakan, 
  • Biaya ujian tertutup
  • Biaya ujian terbuka dan 
  • Biaya wisuda.

Mobilitas Global Prodi DHI dilaksanakan dengan ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan keilmuan dalam taraf internasional yang meliputi:

  • Seminar/Konverensi internasional
  • Publikasi Ilmiah Internasional
  • Program Pertukaran Pelajar

Sekretariat Prodi DHI JSI FIAI UII

Jl. Demangan Baru No. 24, Lantai II Yogyakarta, Indonesia. 55281
Telp/Fax : (+62) 274-523637 GSM1: (+62)81-7542-5758
Email : dhi@uii.ac.id
Web : doctorate.islamic.uii.ac.id

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
Dr. – Doktor (S3)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung –
Kampus Demangan
Jalan Demangan Baru No. 24, Lantai 2,
Sleman, Yogyakarta 55281
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi B (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: