Doktor Ilmu Ekonomi

Fakultas Ekonomi
Program Studi Ilmu Ekonomi Program Doktor

Rekognisi Global Untuk Calon Doktor Ekonom Profesional

Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) UII merupakan satu di antara sedikit program doktor ilmu ekonomi yang ada di DIY, didirikan pada tanggal 6 Juli 2000. Program Doktor Ilmu Ekonomi (PDIE) Universitas Islam Indonesia (UII) merupakan program doktor yang terakreditasi oleh pemerintah, berdasarkan surat keputusan Dirjen Pendidikan Tinggi No. 220/DIKTI/Kep/2000 tanggal 6 Juli 2000. Mulai tahun akademik 2000/2001 program ini menyelenggarakan jenjang S3 bertempat di Kampus UII Condongcatur Yogyakarta. Sejak Desember 2017, Program studi ini mendapatkan Status Terakreditasi dengan Peringkat A, sesuai Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor: 5209/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2017 tanggal 27 Desember 2017.

Program Doktor Ilmu Ekonomi memiliki tiga konsentrasi, yakni konsentrasi Manajemen, Ilmu Ekonomi, dan Akuntansi. Konsentrasi Manajemen memiliki tiga sub konsentrasi, yakni Sumber Daya Manusia, Keuangan, dan Pemasaran. Konsentrasi Ilmu Ekonomi memiliki dua sub konsentrasi, yakni Ekonomi-dan-Keuangan Islam dan Kebijakan Publik. Konsentrasi Akuntansi memiliki tiga sub empat sub konsentrasi, yakni Akuntansi Keuangan, Sistem Informasi, Akuntansi Sektor Publik, dan Auditing.

Program ini memiliki berbagai tujuan sebagai berikut: (1) Menghasilkan Doktor yang handal, tangguh, dan bertanggungjawab dengan tetap mengedepankan etika dan moral Islami. (2) Menghasilkan Doktor yang menguasai dan mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah di bidang ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi secara konseptual. (3) Menghasilkan dan mendiseminasikan karya ilmiah bereputasi internasional.

PDIE dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang kuliah standar kelas eksekutif, perpustakaan dengan jurnal on line (EBSCO dan Proquest) dan hardcopy serta berbagai referensi termasuk disertasi dari berbagai perguruan tinggi manca negara, buku dengan ribuan judul dan berbagai jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen serta Akuntansi dari semua belahan dunia. Selain itu koleksi artikel diback-up dengan CD-ROM yang bisa diakses melalui internet, serta laboratorium computer, free internet dengan fasilitas hotspot, bank, kantin, Pojok BEI (Bursa Efek Indonesia), masjid dan foto copy.

Program Doktor Ilmu Ekonomi Pascasarjana Fakultas Ekonomi UII mengakomodasi hal tersebut dengan membuka program Doktor Ilmu Ekonomi dengan konsentrasi Ilmu Manajemen, Ilmu Ekonomi Islam dan Kebijakan Publik, serta Ilmu Akuntansi. Program ini bertujuan ikut menjadi bagian dari proses pengembangan ilmu di tiga disiplin tersebut, disamping menyiapkan doktor-doktor pada berbagai disiplin tersebut. Ketiga konsentrasi tersebut merupakan jawaban yang tepat bagi para birokrat, akademisi, maupun para pengambil keputusan yang ingin menyempurnakan kemampuannya dalam menghadapi tantangan perubahan sebagaimana disebut di muka. Program ini memberi bekal melalui kekuatan dan kedalaman kurikulum dan proses belajar mengajar yang intensif yang dilaksanakan oleh para expert lulusan dalam negeri maupun luar negeri seperti Australia, Amerika Serikat, United Kingdom, The Philippines, Thailand, Malaysia, dan lain-lain. Program tersebut disusun dengan memberikan kesempatan dan sekaligus insentif bagi para mahasiswa untuk menyelesaikan studi mereka dengan tepat waktu.

Siapa yang Bisa Mengikuti Program Ini?

Kualifikasi untuk menjadi calon mahasiswa adalah sebagai berikut:

  • Lulusan S1 dan S2 dari semua bidang ilmu dengan IPK S1 minimal 3.00 dan IPK S2 minimal 3.25.
  • Memiliki skor TPA minimal 500.
  • Memiliki skor TOEFL minimal 550.

Peluang Karier

Program ini memberikan jalan bagi para dosen dan peneliti yang belum bergelar doktor maupun fresh-graduate dari program Strata 2 untuk mempertajam kemampuan melakukan riset ilmiah serta segala aspek yang terkait termasuk di dalamnya termasuk diseminasi hasil penelitian. Terutama bagi para fresh graduate program Strata 2, program ini bisa memberikan bekal mumpuni untuk melamar kerja di bidang akademik, baik sebagai dosen maupun peneliti.

Syarat Umum

SYARAT UMUM

  1. Lulus S1 dan S2 dari semua bidang ilmu, dengan IPK s1 minimal 2,75 dan s2 minimal 3.00. Ijazah yang dikeluarkan oleh PT luar negeri harus mendapatkan penyetaraan dari DIKTI
  2. Menyerahkan sertifikat TPA dengan skor minimal 550 dan sertifikat TOEFL minimal 500. Jika calon mahasiswa belum memiliki, tes TPA dapat ditempuh di PPS FE UII setiap saat.
  3. Menyerahkan esai singkat mengenai topik disertasi yang akan ditulis
  4. Melampirkan 2 (dua) surat rekomendasi dari orang yang mengetahui kemampuan akademik calon mahasiswa
  5. Tiga lembar foto kopi ijazah S1 negara dilegalisir
  6. Satu lembar transkrip nilai S1 dilegalisir
  7. Pas poto berwarna ukuran 2×3 dan 3×4 masing-masing 4 lembar
  8. Curriculum Vitae
  9. Satu lembar foto kopi KTP yang masih berlaku

Biaya pendafataran Rp. 1.000.000,- (tanpa ujian TPA) atau Rp. 1.250.000,-(dengan ujian TPA)

Prosedur Pendaftaran

  1. Mengambil formulir pendaftaran yang dapat dilakukan setiap saat pada hari dan jam kerja di bagian Admisi PPS FE UII.
  2. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke Admisi MM UII dengan melampirkan syarat pendaftaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran di bagian keuangan PPS FE UII
  4. Klarifikasi persyaratan pendaftaran di bagian Akademik PPS FE UII
  5. Ujian TPA(bagi yang tidak memiliki sertifikat TPA), tes wawancara dan tes psikologi
  6. Pengumuman hasil seleksi
  7. Herregistrasi

Komponen & Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI
Biaya studi untuk program Doktor di UII terdiri atas beberapa komponen biaya sebagai berikut:

Jenis Biaya Part Time
BIAYA PENDIDIKAN
– Pra Program Rp. 10.000.000
– Herregistrasi I-VI (Rp. 2.500.000,-/smtr) Rp. 15.000.000
– SPP Semester I – III Rp. 36.000.000
– Bimbingan Disertasi Rp. 15.000.000
– Seminar Proposal Disertasi Rp. 7.500.000
– Seminar Hasil Penelitian Disertasi Rp. 7.500.000
– Ujian Tertutup Rp. 7.500.000
– Ujian Terbuka optional
– Post Program optional
TOTAL BIAYA PENDIDIKAN Rp. 98.500.000

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Doktor Ilmu Ekonomi, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
Dr.Doktor (S3)
Durasi Studi
7 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Ace Partadiredja
Kampus Condongcatur
Ring Road Utara, Condongcatur, Depok
Sleman, Yogyakarta 55283
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯ Akreditasi A (no sk: 5209/SK/BAN-PT/Akred/D/XII/2017)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: