Doktor Teknik Sipil

Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan
Program Studi Teknik Sipil Program Doktor

Rekognisi Global Untuk Calon Doktor Teknik Sipil Profesional

Program Doktor Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (PDTS FTSP) UII didirikan untuk menjawab tantangan global di atas. Era globalisasi memungkinkan tenaga asing ikut berkompetisi dalam dunia kerja di Indonesia, sehingga penyediaan SDM milik bangsa yang mumpuni adalah suatu keharusan. Situasi ini membuka peluang yang besar bagi dunia pendidikan untuk ikut aktif memberi kesempatan pada dunia kerja (eksekutif dan profesional) untuk menyiapkan diri bersaing ketat dengan mereka.

Appropriate technology dan efisiensi dalam pembangunan fisik sebagai sarana dan prasarana dalam pembangunan ekonomi di Indonesia memerlukan tenaga teknik yang berkualitas. Di samping itu, PDTS FTSP UII juga merespon meningkatnya tuntutan masyarakat akan kebutuhan tenaga-tenaga akademik dan profesional yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi bergelar Doktor (S3) dalam bidang Teknik Sipil yang jumlahnya masih sangat terbatas.

PDTS FTSP UII dibuka secara resmi berdasarkan Surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemeristekdikti) Republik Indonesia Nomor: 126/KPT/I/2017 – tanggal 7 Februari 2017. Konsentrasi studi yang ditawarkan meliputi:

Program Doktor Teknik Sipil memiliki beberapa bidang konsentrasi, diantaranya:
Manajemen Konstruksi (MK), Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK), Perencanaan dan Teknik Transportasi (PTT), Manajemen Transportasi (MT)
Konsentrasi Manajemen Rekayasa Kegempaan (MRK) merupakan program yang bersifat multi dan inter-disipliner, yang mana penyelesaian problem pembangunan didekati dari Bidang Ilmu Teknik dan Bidang Ilmu Sosial. Bidang Ilmu Teknik dikonsentrasikan pada Manajemen Rekayasa Kegempaan
dan Kebencanaan. Rekayasa kegempaan lebih merupakan kombinasi antara teknik struktur, teknik kegempaan, dan geoteknik kegempaan.

Peluang Karier

Capaian pembelajaran lulusan PDTS FTSP UII sesuai dengan level 9 KKNI, sehingga lulusan akan mempunyai kemampuan sebagai berikut.

  1. Menguasai falsafah keilmuan yang berbasis Islam untuk mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya dalam bidang ketekniksipilan
  2. Menguasai metodologi penelitian kuantitatif maupun kualitatif yang diperlukan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Mampu melaksanakan penelitian mandiri untuk menghasilkan karya ilmiah yang kreatif, orisinal, dan teruji baik pada level nasional maupun internasional
  4. Mampu memberikan kontribusi ilmiah berupa pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penurunan risiko dan dampak bencana pada infrastruktur dan/atau sistem ketekniksipilan
  5. Mampu memecahkan permasalahan praktis maupun teoritis melalui pendekatan inter/ multidisipliner
  6. Memiliki keterampilan untuk mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi kemajuan bidang ilmu ketekniksipilan dan kemaslahatan masyarakat.

Dengan demikian, lulusan PDTS FTSP UII diharapkan akan “Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam penurunan risiko dan dampak bencana pada infrastruktur dan atau sistem ketekniksipilan yang unggul, inovatif, integratif, inter dan multidisipliner untuk mendukung penyelesaian masalah global mendatang”

Pendaftaran & Seleksi

PENDAFTARAN DAN SELEKSI

  1. Warga negara Indonesia atau Warga Negara Asing yang mendapat persetujuan Dirjen DIKTI
  2. Melengkapi Formulir Pendaftaran
  3. Pas foto terbaru berwarna ukuran 3×4 cm dan 4×6 cm masing-masing 2 lembar
  4. Memiliki ijazah kelulusan (fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi dibawa pada saat ujian wawancara)
  5. IPK calon mahasiswa (Transkrip akademik yang telah dilegalisasi wajib dibawa ketika ujian wawancara), dengan ketentuan:
    – S1 minimum 2,75
    – S2 minimum 3,25
  6. Memiliki nilai/sertifikat TOEFL/IELTS sebagai berikut:
    Program Doktor nilai TOEFL minimal 500 atau IELTS 5,5 (Sertifikat asli harap dibawa ketika ujian wawancara)
  7. Memiliki nilai/ sertifikat skor TPA minimal 500 yang masih berlaku
  8. Mengikuti ujian tertulis
  9. Menyertakan Proposal Usulan Penelitian untuk Tesis/Disertasi; Judul dan Ringkasan penelitian yang memuat latar belakang, permasalahan yang akan dipecahkan, tujuan dan metode penelitian. Ringkasan tidak lebih dari 350 kata. Proposal lengkap sebanyak 2 (dua)
    eksemplar dibawa ketika ujian wawancara
  10. Lulusan dari jurusan Teknik, MIPA, dan bidang lainnya yang relevan dengan Teknik Sipil dan Pengurangan Risiko Bencana
  11. Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA), Tes TOEFL, dan Wawancara yang diselenggarakan oleh PDTS FTSP UII sesuai jadwal yang telah ditentukan.

Prosedur Pendaftaran

  1. Calon mahasiswa PDTS FTSP UII mendaftarkan diri ke Sekretariat PDTS FTSP UII
  2. Calon mahasiswa membayar biaya pendaftaran dan mendapatkan Formulir Pendaftaran yang wajib diisi
  3. Calon mahasiswa melengkapi berkas-berkas pendaftaran
  4. Calon mahasiswa wajib mengikuti serangkaian tes masuk yang diselenggarakan oleh PDTS FTSP UII, diantaranya: Tes Potensi Akademik (TPA), Bahasa Inggris, dan Wawancara. Pada saat wawancara, calon mahasiswa diwajibkan membawa Proposal Disertasi yang akan dipresentasikan kepada Tim Penguji.

Perkiraan Biaya Studi

PERKIRAAN BIAYA STUDI

Biaya Pendidikan di Program Doktor Teknik Sipil:

Semester I                 : Rp.22.000.000,-
Semester II               : Rp.22.000.000,-
Semester III              : Rp.17.000.000,-
Semester IV               : Rp.17.000.000,-
Semester V                : Rp.12.000.000,-
Semester VI               : Rp.12.000.000,-

jumlah                       : Rp.102.000.000,-

*) Biaya pendidikan tersebut tidak termasuk biaya disertasi, herregistrasi, perpanjangan masa studi, ujian susulan, dan wisuda.

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Doktor Teknik Sipil, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
Dr. – Doktor (S3)
Durasi Studi
6 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Mohammad Natsir
Kampus Terpadu
Jalan Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: