Magister Akuntansi

Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Program Studi Akuntansi Program Magister

Rekognisi Global Untuk Calon Akuntan Profesional

Sebagai komitmen UII untuk selalu ikut dalam berkontribusi dalam meningkatkan kapasitas dan kemampuan sumber daya manusia di Republik Indonesia, khusus di bidang Akuntansi pada Strata Magister, maka UII mulai mengoperasionalkan Program Studi Magister Akuntansi mulai bulan Maret 2010 dengan SK Pendirian No. 453/D/T/2009 dan SK Ijin Operasional 12472/D/T/K-V/2012. Pada tahun 2014 Prodi Maksi FBE UII memperoleh peringkat akreditasi B dengan No. SK BAN-PT 177/SK/BAN-PT/Akred/M/M/VI/2014. Dalam perkembangannya, prodi Maksi FBE UII selalu melakukan inovasi dalam proses pembelajaran. Hal ini dibuktikan hingga saat ini terdapat 4 (empat) peminatan, yaitu Akuntansi Pemerintahan, Akuntansi Syariah, Audit Forensik dan Perpajakan (mulai 2016/2017). Dalam proses pelaksanaan sejak mulai bergabung di program Maksi, para mahasiswa akan mendapatkan beberapa aktfitas tambahan untuk meningkatkan berbagai skills sejak persiapan program (behavioral modeling for learning), selama dalam proses (berbagai workshop untuk peningkatan kemampuan dalam bidang riset dan akademik, termasuk workshop soft-skills) dan akhir program (pembekalan alumni untuk meningkatkan jejaring Alumni).

Prodi Maksi FBE UII telah bekerjasama dengan berbagai lembaga/institusi baik nasional maupun internasional. Pada level nasional, salah satunya dengan lembaga profesi di bidang Audit Forensik (LSPAF-Lembaga Sertifikasi Profesi Auditor Forensik) dan telah ditunjuk untuk mengelola Tempat Ujian Kompetensi (TUK) bagi para mahasiswa dan praktisi yang ingin memperoleh Sertifikasi di bidang Audit Forensik dengan gelar C.Fr.A. Pada tahun 2018. Sedangkan di level internasional, salah satunya prodi Maksi FBE UII mempunyai kerjasama dalam bentuk program dual degree dengan program Master of Professional Accounting (MPA) di bawah UWA Business Scool, University of Western Australia. Program dual-degree ini juga telah memperoleh ijin dari DIKTI dengan No. T/937/C.C5/KS.00.02/2019. Prodi Maksi FBE UII juga aktif dalam kegiatan dengan berbagai asosiasi yang berhubungan dengan perkembangan, baik untuk kepentingan akademik dan riset maupun institusional dalam upaya untuk mendapatkan informasi yang terkini.

Lulusan dari Prodi MAKSI FBE UII dapat berkarir di berbagai bidang:

  1. Aparat Sipil Negara (BPK, BPKP, DJP, Pemda)
  2. Pengajar/Dosen
  3. Konsultan Pajak
  4. Kantor Akuntan Publik
  5. Akuntan Manajemen/Keuangan
  6. Internal Auditor (private)
  7. Wiraswasta

sebagaimana hasil dari tracer study selama beberapa tahun terakhir ini dan komunikasi yang baik dengan Alumni via Pengurus Alumni MAKSI FBE UII, yang sering mengadakan pertemuan, minimal 1 semester sekali.

SYARAT PENDAFTARAN

Program MAKSI FBE UII dapat diikuti oleh para sarjana dengan latar belakang apapun (multi entry), baik yang sudah bekerja maupun fresh graduater.

Pengembilan formulir pendaftaran dapat dilakukan setiap saat pada jam kerja di bagian admisi. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke admisi dengan melampirkan :

    • Tiga lembar fotokopi ijazah S1 yang dilegalisir
    • Satu lembar transkrip nilai S1 yang dilegalisir
    • Pas foto berwarna ukuran 2 x 3 dan 3 x 4, masing-masing 4 lembar
    • Fotokopi KTP
    • Fotokopi Akta Kelahiran
    • Lulus seleksi Test TPA

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Pendaftaran Periode I : Maret – Juni
  • Pendaftaran Periode II : September – Desember

Alur Pendaftaran :

  1. Mengambil formulir pendaftaran di admisi
  2. Mengisi dan mengembalikan formulir ke admisi disertai persyaratan
  3. Membayar biaya pendaftaran dan test TPA sebesar Rp 500.000,-
  4. Melakukan TPA (Test Potensi Akademik)

Informasi lebih lanjut :

Admisi Program Magister dan Doktor FBE UII

No Telp : 0274 883525

No Hp : 0813 2878 9856

KOMPONEN BIAYA STUDI

Biaya Pendaftaran & Test  : Rp 500.000,-

Kelas Reguler Kelas Eksekutif
SPP semester I Rp    10.500.000,- Rp   11.500.000,-
SPP semester II Rp    8.000.000,- Rp   9.000.000,-
SPP semester III Rp  10.500.000,- Rp 11.500.000,-
SPP semester IV Rp     6.150.000,- Rp    6.150.000,-
TOTAL Rp 35.150.000,- Rp 38.150.000,-

Catatan :

Bila pada semester V dan seterusnya mahasiswa belum lulus, maka mahasiswa tersebut setiap awal semester wajib membayar biaya herregistrasi sebesar Rp 2.500.000,- dan biaya perpanjangan tesis sebesar Rp 2.500.000,-.

  • Untuk mobilitas global, Prodi MAKSI FBE UII mempunyai Program Dual Degree dengan Master of Professional Accounting (MPA), UWA Business School, University of Western Australia, dimana UWA merupakan salah satu Group of Eight universitas di Australia dan juga termasuk 100 perguruan tinggi terbaik di dunia. Informasi selengkapnya klik disini
  • Short-course materi kuliah yang dilakukan di University of Technology MARA berupa Summer-Course Audit Forensik
  • Company Visit, beberapa angkatan mahasiswa MAKSI juga berkesempatan untuk melakukan kegiatan company visit di perusahaan global yang berada di sekitar negara ASEAN, misalkan: Malaysia dan Singapore.

Situs web Program Studi Magister Akuntansi, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M. Ak.Magister(S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Ace Partadiredja
Kampus Condongcatur
Ring Road Utara, Condongcatur, Depok
Sleman, Yogyakarta 55283
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: