Magister Akuntansi

Fakultas Ekonomi

Rekognisi Global Untuk Calon Akuntan Profesional

Program Magister Akuntansi (Maksi) FE UII didirikan pada tahun 2010, yang merupakan sebuah program pendidikan S2 bidang akuntansi dengan gelar akademik M.Ak (Magister Akuntansi). Program Maksi FE UII merancang kurikulum dan sistem pembelajarannya berbasis teknologi informasi serta nilai-nilai Islam sehingga mampu memberikan ciri dan keahlian khusus bagi lulusan Maksi FE UII.

Selama lima tahun terakhir, program ini telah berhasil memberikan kontribusi ke masyarakat, baik dari sisi keilmuan, sumberdaya manusia maupun pengembangan organisasi swasta dan publik. Program MAKSI FE UII telah berhasil mengembangkan lima (4) konsentrasi, meliputi: Akuntansi Pemerintahan, Akuntansi Syariah, Perpajakan, dan Audit Forensik. Dari sisi input, mahasiswa yang mengikuti pendidikan Program Magister Akuntansi ini terdiri atas fresh graduate (lulusan sarjana baru) dan sebagian besar yang lain telah bekerja dan mempunyai pengalaman yang memadai. Setelah menyelesaikan program ini, lulusan program memiliki pengetahuan yang lebih komprehensif dan mampu memberikan solusi dalam menangani berbagai permasalahan organisasi, khususnyadari perspektif akuntansi. Dari berbagai survai di lapangan, kemampuan lulusan program Maksi FE UII telah dikenal keandalannya dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi perusahaan/organisasi.

Pada tahun 2018 ini program Maksi FE UII menjalin kerjasama dengan Universitas ternama di Australia yaitu University of Western Australia (UWA) dalam beberapa aktivitas meliputi join publication, join research dan program dual degree Adapun program dual degree dilaksanakan dengan ketentuan (1+1) yaitu satu tahun menempuh studi di Maksi FE UII dan satu tahun selanjutnya menempuh studi di University of Western Australia (UWA). Setelah selesai dan dinyatakan lulus mengikuti program (1+1) tersebut mahasiswa berhak memperoleh gelar MPA (Master of Professional Accounting)> dan M.Ak (Magister Akuntansi).

Peluang Karier

Lulusan Maksi FE UII diharapkan dapat menempati posisi setingkat manajer madya dalam suatu organisasi. Selain itu, kompetensi lulusan diharapkan memiliki kemampuan praktis yang memadai sehingga mampu meningkatkan prestasi dan kinerja ditempat mereka bekerja; kemampuan akademik dan research yang berkualitas; keahlian di bidang pengembangan organisasi, leadership, dan interpreneurship; serta kemampuan menggunakan informasi akuntansi dalam pengambilan keputusan.

Syarat Umum

PROSEDUR PENDAFTARAN

  • Tiga lembar foto kopi ijazah S1 negara dilegalisir
  • Satu lembar transkrip nilai S1 dilegalisir
  • Pas poto berwarna ukuran 2×3 dan 3×4 masing-masing 4 lembar
  • Curriculum Vitae
  • Satu lembar foto kopi KTP yang masih berlaku
  • Sertifikat TOEFL dengan nilai minimal 500
  • Sertifikat TPA dengan nilai minimla 525

Biaya pendaftaran adalah Rp. 500.000,- (bila dengan ujian TPA) atau Ro. 350.000,- (tanpa TPA)

PROSEDUR PENDAFTARAN

  1. Mengambil formulir pendaftaran yang dapat dilakukan setiap saat pada hari dan jam kerja di bagian Admisi PPS FE UII.
  2. Aplikasi pendaftaran yang telah diisi dikembalikan ke Admisi MM UII dengan melampirkan syarat pendaftaran.
  3. Membayar biaya pendaftaran di bagian keuangan PPS FE UII
  4. Klarifikasi persyaratan pendaftaran di bagian Akademik PPS FE UII
  5. Ujian TPA (bagi yang belum mempunyai sertifikat TPA).
  6. Pengumuman hasil seleksi
  7. Herregistrasi

Komponen & Perkiraan Biaya Studi

KOMPONEN BIAYA STUDI
Biaya studi untuk program pasca sarjana di UII terdiri atas beberapa komponen biaya sebagai berikut:

JENIS PEMBAYARAN NOMINAL
Registrasi & Pra Program 5.000.000
SPP semester I 3.500.000
SPP semester II 6.000.000
SPP semester III 8.000.000
SPP semester IV 6.000.000
TOTAL 28.500.000

Mobilitas Global

Fakultas Ekonomi menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Magister Akuntansi, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
M. Ak.Magister(S2)
Durasi Studi
4 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Ace Partadiredja
Kampus Condongcatur
Ring Road Utara, Condongcatur, Depok
Sleman, Yogyakarta 55283
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: