Profesi Dokter

Fakultas Kedokteran

Rekognisi Global Untuk Calon Dokter Profesional

Program Studi Profesi Dokter merupakan salah satu prodi yang dimiliki oleh Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Program ini bertujuan untuk menghasilkan dokter yang profesional, beramal ilmiah, berilmu amaliah, dan berakhlakul karimah, yang mampu berperan sebagai penyedia layanan kesehatan (care provider), pemimpin masyarakat (community leader), pengambil keputusan, (decision maker), manajer, dan komunikator sehingga dapat memberikan pelayanan sebagai dokter di tingkat layanan primer.

Peluang Karier

Agar dapat melakukan pekerjaaan profesi dokter, lulusan Prodi Profesi Dokter FK UII harus menjalani dulu Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI). Program ini dilaksanakan selama 1 (satu) tahun, yaitu 8 bulan di Rumah Sakit dan 4 bulan di Puskesmas dalam rangka pemahiran dan penyelarasan antara hasil pendidikan dengan praktik di lapangan. Setelah menyelesaikan program internsip, peserta PIDI akan mendapatkan Surat Tanda Registrasi (STR) dari Konsil Kedokteran Indonesia. Surat ini merupakan salah satu prasyarat untuk mendapatkan Surat Izin Praktek (SIP) yang diperlukan oleh seorang dokter untuk melakukan praktek kedokteran.

Dokter lulusan Prodi Profesi Dokter FK UII mempunyai peluang karir sebagai klinisi yang melakukan praktek kedokteran secara pribadi maupun pada instansi kesehatan pemerintah atau swasta seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik. Selain itu mereka juga dapat meniti karir dalam bidang manajerial pada instansi kesehatan. Lulusan Prodi Profesi Dokter FK UII juga dapat bekerja sebagai tenaga pendidik (dosen), ataupun menjadi peneliti pada lembaga penelitian pemerintah maupun swasta. Dokter lulusan FK UII juga dapat melanjutkan studi baik studi strata 2 (S2) pada Program Pendidikan Pascasarjana maupun melanjutkan studi pada Program Pendidikan Dokter Spesialis (Sp-1).

Pendaftaran & Seleksi

PENDAFTARAN DAN SELEKSI

SYARAT UMUM

  • (Program ini merupakan program lanjutan dari program kedokteran FK UII yang dijalankan setelah mahasiswa lulus dari prodi kedokteran dan mendapat gelar S.Ked. Tidak ada biaya pendaftaran.)

Perkiraan Biaya Studi

PERKIRAAN BIAYA STUDI

Perkiraan biaya studi untuk program pendidikan ini adalah Rp. 50.000.000

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Profesi Dokter, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
dr. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
1 tahun (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Fakultas Kedokteran
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia

Jalan Kaliurang KM. 14,5 Sleman Yogyakarta 55584
Telefon: +62 274 898444 ext 2101
Fax: +62 274 898459 ext 2097
Email: [email protected]

Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: