Sarjana Ekonomi (Ekonomi Pembangunan)

Fakultas Bisnis dan Ekonomika
Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Sarjana

Memahami Peran Keuangan & Perbankan Syariah dalam Perkembangan Ekonomi Global

Program Studi Ekonomi Pembangunan UII dirancang untuk menghasilkan para ekonom yang beretika Islam dan progresif dan memiliki penguasaan teori dan alat analisis serta aplikasinya dalam bidang ekonomi praktis khususnya keuangan syariah, perbankan syariah, bisnis internasional serta ekonomi regional dan kebijakan publik. Mahasiswa juga dibekali dengan soft skills dan leadership skill sebagai bagian dari penguatan karakter serta dukungan sertifikasi kompetensi internasional dalam business analytics dan business intelligence dari Statistical Analysis Software (SAS).

Sebagai upaya menjaga komitmen untuk menghasilkan lulusan yang bertalenta, mahasiswa akan dibimbing oleh tenaga pengajar profesional yang mumpuni di bidangnya. Tenaga pengajar Prodi Ekonomi Pembangunan UII adalah akademisi berpengalaman dengan latar belakang pendidikan yang unggul dari perguruan tinggi terkemuka baik di dalam mau pun luar negeri.

Lulusan Prodi Ekonomi Pembangunan memiliki peluang yang luas untuk berkarier sebagai analis ekonomi dan keuangan, peneliti, akademisi, atau wirausaha. Lulusan Prodi Ekonomi Pembangunan UII saat ini telah tersebar dan bekerja pada berbagai bidang pekerjaan seperti di sektor pemerintahan, perbankan, sektor industri swasta, perusahaan penilai aset, dan lain sebagainya.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

INTERNATIONAL PROGRAM

Khusus Pendaftar di International Program yang mendaftar melalui pola seleksi PSB dan PHA wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 475), TOEFL®ITP (470), TOEFL iBT (52), atau IELTS (5,5).

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id

Fakultas Bisnis dan Ekonomika menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Situs web Program Studi Ekonomi Pembangunan Program Sarjana, klik di sini.

Belajar Ekonomi Pembangunan di lnternational Program

Program Sarjana Ekonomi pada Program Studi Ekonomi Pembangunan di Universitas Islam Indonesia juga ditawarkan di International Program (IP). IP UII adalah kelas internasional yang diselenggarakan oleh program studi tertentu di UII dimana proses perkuliahan menggunakan bahasa asing (bahasa Inggris dan / atau Arab) sebagai bahasa pengantar.

Dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan di bawah ini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.E. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Ace Partadiredja
Kampus Condongcatur
Ring Road Utara, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta 55283
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: