Sarjana Farmasi

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi Farmasi Program Sarjana

Farmasi Klinis dan Komunitas yang Berorientasi pada Pasien

Program Studi Farmasi (PSF) UII berdiri sejak tahun 1998 dan telah terakreditasi A dari LAM-PTKes Indonesia. PSF UII telah menghasilkan ribuan lulusan yang telah berkarya di berbagai bidang kefarmasian seperti apotek, rumah sakit, industri farmasi, maupun balai/badan pengawasan obat dan makanan. Keunggulan spesifik yang ditanamkan pada mahasiswa PSF UII adalah dalam bidang pelayanan kefarmasian dan teknologi farmasi yang disesuaikan dengan tuntutan kompetensi apoteker Indonesia.

Mahasiswa PSF UII disiapkan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan profesi apoteker yang juga sudah berdiri di UII sejak tahun 2002. Proses pendidikan di PSF UII disesuaikan dengan tuntutan kebutuhan kompetensi apoteker nasional didukung dengan kurikulum yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan naskah akademik Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia. PSF UII juga didukung oleh staf pengajar yang berpengalaman dengan hampir 40% memiliki kualifikasi pendidikan S3 dan hampir 100% memiliki sertifikat pendidik. Fasilitas penunjang pembejaran di PSF sangat memadai untuk mendukung penanaman keunggulan seperti laboratorium Mini Teaching Hospital dan OSCE centre untuk mendukung keunggulan dalam bidang pelayanan kefarmasian serta laboratorium teknologi farmasi dan Nanopharmacy Research Centre untuk mendukung keunggulan di bidang teknologi farmasi. Dukungan untuk exposure mahasiswa terhadap lingkungan global sangat memadai melalui kerja sama dengan perguruan tinggi di luar negeri seperti International Islamic University of Malaysia, University Sains Malaysia, serta University of Wolverhampton – United Kingdon.

Peluang Karier

Lulusan pendidikan farmasi adalah seorang farmasis yang bergelar S.Farm., Apt., sehingga setelah menyelesaikan program studi S1 Farmasi, mereka akan meneruskan studinya pada Program Profesi Apoteker. UII memiliki Program Profesi Apoteker yang berdiri pada tahun 2002. Karir lulusan pendidikan farmasi memiliki peluang untuk menempati bidang pekerjaan di berbagai sarana kefarmasian seperti apotek, rumah sakit dan puskesmas. Selain itu, lulusan pendidikan farmasi juga dapat melaksanakan pengabdian profesi kefarmasian dengan bekerja di lembaga pemerintahan (BPOM dan Dinas Kesehatan), berbagai jenis industri meliputi industri obat, makanan, jamu, obat herbal dan kosmetik, di lembaga penelitian, laboratorium klinis, laboratorium pengujian mutu, lembaga informasi obat, badan asuransi kesehatan serta dapat berkiprah di bidang pendidikan sebagai akademisi di perguruan tinggi.

Pendaftaran & Seleksi

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui empat pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

INTERNATIONAL PROGRAM

Khusus Pendaftar di International Program yang mendaftar melalui pola seleksi PSB dan PHA wajib melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa CEPT dari CILACS UII (skor minimal 475), TOEFL®ITP (470), TOEFL iBT (52), atau IELTS (5,5).

Perkiraan Biaya Studi

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2020/2021 dapat diunduh melalui pranala yang tersedia pada laman ini.

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya dengan catatan sebagai berikut:
  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi PBT Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.

Mobilitas Global

Informasi Lebih Lanjut

Situs web Program Studi Farmasi, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2018/2019 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S. Farm. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Prof. Dr. H. Zanzawi Soejoeti, M.Sc.
Fakultas MIPA UII
Kampus Terpadu Jalan Kaliurang Km. 14.5 Yogyakarta 55584, Kotak Pos 75
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (LAM-PTKes)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: