Sarjana Komputer (Informatika)

Fakultas Teknologi Industri
Program Studi Informatika Program Sarjana

Mempersiapkan Para Profesional Teknologi Informasi

Program Studi Informatika UII berkomitmen mendidik mahasiswanya menjadi profesional pemungkin solusi Teknologi Informasi (TI) dengan kualitas pribadi yang siap menjadi pemimpin berbasis nilai, entrepreneur, dan pembelajar sepanjang hayat. Dalam tiga tahun pertama pembelajaran, mahasiswa mengembangkan ketrampilan dirinya agar mumpuni sebagai analis sistem, desainer sistem, dan pengembang solusi TI. Pada tahun keempat, mahasiswa memilih satu jalur studi: penelitian, pengabdian kepada masyarakat, perintisan bisnis, magang, atau kuliah di luar negeri.

Kemitraan dengan universitas luar negeri telah dijalin untuk menawarkan program gelar ganda dengan Youngsan University (Korea Selatan), Nanjing Xiaozhuang University (China), dan Taylor University (Malaysia); transfer kredit dengan Rajamanggala University of Technology Thanyaburi dan Chulalongkorn University (Thailand); serta kuliah singkat dengan Hokkaido Information University (Jepang) dan Hanyang University (Korea Selatan).

Bidang kompetensi unggulan Program Studi Informatika adalah informatika teori dan sistem cerdas; sistem informasi; rekayasa perangkat lunak; jaringan dan keamanan komputer; gim, grafika dan multimedia; serta informatika medis. Kompetensi tersebut diorientasikan pada bidang aplikasi: Sains Data, Sistem Informasi Enterprise, Forensika Digital, dan Informatika Medis, yang masing-masing didukung oleh pusat studi bersesuaian.

Program studi ini memiliki Lab. Pemrograman Dasar, Lab. Pemrograman Lanjut, Lab. Data dan Komunikasi, dan Lab. Riset, serta pusat pelatihan IT Centrum dengan sertifikasi keahlian internasional dari Cisco, Oracle, dan EC-Council.

Lulusan prodi ini dapat berkarier sebagai analis, perancang, dan pengembang sistem pada berbagai platform teknologi informasi (web dan mobile). Secara spesifik, lulusan dapat bekerja sebagai web developer, mobile application developer, software engineer, security analyst, IT project manager, database administrator, network administrator, systems administrator, dan IT consultant pada berbagai lembaga pemerintahan, BUMD, BUMN, perusahaan swasta nasional atau multinasional, maupun wirausahawan bidang Teknologi Informasi.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui empat pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Paper Based Test (PBT), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA).

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2020/2021 dapat diunduh melalui pranala yang tersedia pada laman ini.

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya dengan catatan sebagai berikut:
  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi PBT Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.

Program Studi Informatika menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII, yaitu:

  • Youngsan University, Korea Selatan
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok
  • Taylor’s University, Malaysia

Selain itu, mahasiswa berkesempatan mengikuti program transfer kredit (credit transfer) atau kursus singkat (short course) dengan mitra UII, yaitu:

  • Chulalongkorn University, Thailand
  • Rajamanggala University of Technology Thanyaburi, Thailand
  • Hanyang University, Korea Selatan
  • Hokkaido Information University, Jepang

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Situs web Program Studi Teknik Informatika, klik di sini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 24 program sarjana, 11 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2019/2020 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S. Kom. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung K.H. Mas Mansyur
Kampus Terpadu
Jalam Kaliurang KM 14,5
Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Akreditasi A (BAN-PT)
Akreditasi Internasional :
❯  –

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: