Program Studi Kimia UII akreditasi Unggul

Program Studi Kimia Program Sarjana, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Islam Indonesia (FMIPA UII) berhasil mendapatkan peringkat Akreditasi Unggul berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3400/SK/BAN-PT/Akred-ItnI/VI/2020. Raihan predikat Akreditasi Unggul pada program studi ini, merupakan kali pertama dan saat ini satu-satunya pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

Ketua Program Studi Kimia Program Sarjana FMIPA UII, Dr. Dwiarso Rubiyanto, S.Si, M.Si. mengatakan Akreditasi Unggul yang didapatkan merupakan peringkat yang diperoleh setelah memenuhi Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) No. 1 tahun 2020, tentang Mekanisme Akreditasi untuk Akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT.

“Mengenai peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi itu sendiri adalah hasil akreditasi yang dilakukan oleh BAN-PT. Terdiri atas Unggul, Baik sekali dan Baik untuk AKreditasi yang dilakukan dengan Instrumen Akreditasi Program Studi (IAPS) 4.0 dan Instrumen Akreditasi Perguruan Tinggi (IAPT) 3.0,” jelasnya dalam pesan tertulis yang diterima Bidang Humas UII, pada Selasa (9/6).

Disampaikan Dwiarso Rubiyanto, sementara peringkat A, B dan C untuk akreditasi yang dilakukan dengan Instrumen akreditasi 7 standar. IAPS 4.0 sendiri berlaku mulai tanggal 1 April 2019 yang telah dikembangkan oleh BAN-PT.

Menurut Dwiarso Rubiyanto dari standar penilaian akreditasi yang dinilai, terdapat perbedaan dari standar pada pengajuan periode sebelumnya. Hal ini bila ditinjau dari instrument akreditasinya, sebelumnya terdiri dari 7 standar sementara dengan instrument yang baru terdiri dari 9 standar.

“Dalam proses pemerolehan status Akreditasi Unggul ini, Program Studi Kimia UII tidak melalui proses pengajuan akreditasi dari awal, melainkan pengakuan terhadap perolehan Akreditasi Internasional,” terangnya.

“Tahapan akreditasi berdasarkan IAPS 4.0 ini secara umum meliputi (1) evaluasi data dan informasi terkait mutu penyelenggaraan program studi, (2) penetapan peringkat akreditasi berdasarkan hasil evalusi, dan (3) pemantauan pemenuhan syarat peringkat akreditasi,” imbuhnya.

Diraihnya peringkat akreditasi dari BAN-PT tersebut tidak lepas dari pengakuan yang sebelumnya telah diraih. Dwiarso Rubiyanto menyebutkan, keunggulan yang dimiliki Program Studi Kimia UII salah satunya adalah status akreditasi internasional oleh Royal Society of Chemistry, UK. “Hal inilah yang dirasa menjadi kekuatan keunggulan yang luarbiasa, karena Program Studi Kimia UII tidak harus menempuh proses pengajuan dari awal berdasar IAPS 4.0.,” ungkapnya.

Dwiarso Rubiyanto menjelaskan, berdasarkan Pasal 7 dari Peraturan BANPT No. 1 Tahun 2020 disebutkan bahwa Program Studi yang telah mendapatkan AKreditasi Internasional dari Lembaga yang diakui oleh Menteri dan masih berlaku, diakui setara dengan peringkat Akreditasi Unggul.

“Program Studi Kimia bersama Program Studi lainnya di UII yang telah mendapatkan akreditasi internasional melalui Tim yang dibentuk oleh Univeristas, mengajukan proses penyetaraan hingga berhasil diperoleh peringkat unggul,” terangnya.

Dwiarso Rubiyanto berharap, dengan status akreditasi yang diraih dapat semakin membuka wawasan masyarakat umum, khususnys yang akan mengirimkan putra-putrinya melanjutkan studi pada jenjang perguruan tinggi. Memahami akan pentingnya standar mutu penyelenggara program studi dan tidak terjebak kepada kepentingan praktis. “Mudah-mudahahan dengan perolehan status unggul ini akan menaikkan minat siswa untuk belajar ilmu-ilmu dasar terutama Kimia,” sebutnya.

Namun demikian, berbagai capaian yang telah berhasil diraih tidak lantas membuat Program Studi Kimia berpuas diri dan mengabaikan taantangan ke depan. “Program Studi Kimia akan terus berusaha memperbaiki mutu penyelenggaraan program studi, karena bagaimanapun perkembangan jaman yang senantiasa dinamis harus selalu diantisipasi. Standardisasi program studi merupakan indikator yang paling tepat,” ujar Dwiarso Rubiyanto.

“Dalam hal ini, Program Studi Kimia UII akan mempertahankan status Akreditasi Internasionalnya, dan bilamana diperlukan akan meraih akreditasi internasional dari lembaga yang berbeda untuk semakin memperkokoh rekognisi internasional,” tandasnya. (RS)

Informasi selengkapnya kunjungi website Program Studi Kimia: chemistry.uii.ac.id