Direktorat Perpustakaan UII memperkenalkan fasilitas baru yang ramah anak yakni Kids Corner. Diketahui bahwa Kids Corner ini sudah ada di Perpustakaan UII sejak akhir bulan November tahun ini. Corner yang terletak di Lantai Lower Ground dekat pintu masuk sebelah utara ini dilengkapi dengan fasilitas ramah anak seperti matras warna-warni, meja, dan kursi ukuran anak. Adapun koleksi yang disediakan di Kids Corner adalah buku-buku anak berupa buku cetak maupun elektronik (e-book) dengan berbagai macam subyek: Nabi-nabi, binatang, dongeng, mengenal huruf dan angka, dan lain-lain.

Jumlah koleksi buku elektronik ada 211 judul dan buku cetak ada 494 judul 698 eksemplar. Untuk mempermudah temu kembali informasi, buku diolah menggunakan Sistem Klasifikasi menggunakan Sistem Klasifikasi DDC (Dewey Decimal Classification) dari Kelas 000-900 serta terdapat komputer yang berisikan e-book maupun video edukatif yang dapat diakses oleh anak-anak.

Realisasi Kids Corner ini untuk mewujudkan masukan-masukan dari staf perpustakaan, dosen, dan pustakawan UII serta kalangan civitas akademika UII lainnya. Salah satu pertimbangannya bahwa dosen UII yang memiliki keluarga muda sering membawa anaknya ke kampus kemudian mampir ke perpustakaan dan mereka melihat bahwa belum ada bacaan yang sesuai untuk anak-anak.

“Harapannya dengan adanya Kids Corner dapat memfasilitasi anak-anak dan orangtuanya yang datang ke sini agar mereka bisa menjadi lebih dekat dengan sarana dan prasarana yang disediakan, misalnya orang tua dapat melakukan storytelling, membaca bersama anak, mengajari anaknya untuk akses ebook dari komputer jaringan yang disediakan dan berbagai kegiatan positif lainnya dapat dilakukan anak dan orangtuanya di corner tersebut.” tutur Direktur Direktorat Perpustakaan Perpustakaan UII, Joko S. Prianto, SIP., M.Hum.

Kids Corner ini bisa diakses dari pukul 8 pagi sampai jam 4 sore. Tetapi jika animo pengunjung Kids Corner ini tinggi tidak menutup kemungkinan untuk buka sampai malam. Untuk layanan peminjaman koleksi dibawa pulang di Kids Corner ini belum bisa sehingga hanya terbatas untuk baca di tempat saja. Perpustakaan UII juga memberi arahan kepada petugas satpam untuk dapat melayani pengunjung Kids Corner hal ini juga bertujuan untuk mengedukasi satpam agar mereka dapat melayani dan ramah terhadap anak.

Fasilitas ini diharapkan dapat memperkenalkan perpustakaan lebih awal/dini kepada anak-anak, dapat menumbuhkan minat dan budaya baca anak, dan kebiasaan positif tersebut dapat terbawa hingga dewasa nanti. (DRD/ESP)