Rekrutmen Tenaga Kependidikan
Universitas Islam Indonesia (UII) sebagai pionir pendidikan tinggi di Indonesia dengan pengalaman lebih dari 70 tahun yang berkomitmen mencetak pemimpin masa depan melalui program pendidikan unggul yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan, membuka kesempatan kepada lulusan Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Sarjana untuk bergabung menjadi Tenaga Kependidikan Tetap Universitas Islam Indonesia Periode April 2023.
Pengumuman Tahapan Seleksi
Pelamar yang dinyatakan lolos pada seleksi tahap 1/seleksi administrasi dapat dilihat pada pengumuman di bawah ini:
Tata Cara Rekrutmen
Syarat Umum Pendaftaran
1. Berkewarganegaraan Indonesia;
2. Beragama Islam;
3. Sehat jasmani, rohani, dan dapat menjalankan tugas sebagai tenaga kependidikan;
4. Bebas narkoba;
5. Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum karena melakukan tindak pidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
6. Jujur, mampu bekerja di bawah tekanan, disiplin, teliti dan detail, mampu bekerjasama dalam tim, inisiatif tinggi, komunikatif, suka bekerja dengan target, bertanggung jawab, dan memiliki orientasi hidup yang tidak menyimpang dari syariat agama Islam;
7. Mempunyai pendidikan, kecakapan atau keahlian yang diperlukan;
8. Memiliki kualifikasi akademik yang sesuai dengan bidang penugasannya;
9. Berusia paling tinggi 30 tahun pada tanggal 1 April 2023;
10. Berpendidikan Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Sarjana yang sesuai dengan posisi yang dituju dari perguruan tinggi terakreditasi sekurang-kurangnya B sesuai dengan BAN-PT. Pelamar wajib melampirkan bukti akreditasi pada perguruan tinggi asalnya;
11. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Sarjana serendah-rendahnya 3,00 (tiga koma nol nol);
12. Lancar berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan salah satu sertifikat TOEFL ITP® atau CEPT dari CILACS UII yang masih berlaku, dengan skor minimal sebagai berikut:
- TOEFL ITP® skor minimal 450, atau
- CEPT dari CILACS UII skor minimal 510
Syarat Khusus Pendaftaran dan Jumlah Formasi Yang Dibutuhkan
Administrasi
No | Posisi | Kualifikasi Pendidikan Minimal | Jumlah Formasi | Syarat Khusus |
1 | Administrasi Umum | S1 Semua Jurusan | 52 | – |
2 | Administrasi Umum (Staf Kepegawaian) |
S1 Ilmu Hukum/Manajemen Sumber Daya Manusia/
Psikologi Industri dan Organisasi/Sekretaris/ Administrasi Perkantoran/Pendidikan Administrasi Perkantoran |
3 | – |
3 | Administrasi Umum (Staf Pemasaran) |
S1 Desain Grafis/Multimedia | 1 | Tidak buta warna. |
4 | Administrasi Umum (Staf Program Internasional) |
S1 Semua Jurusan | 3 | Memiliki skor TOEFL ITP® minimal 500 atau CEPT dari CILACS UII minimal 629. |
5 | Administrasi Keuangan | S1 Akuntansi | 12 | – |
6 | Administrasi Keuangan (Pajak) | S1 Akuntansi | 5 | Memiliki sertifikat perpajakan minimal Brevet A dan B. |
Jumlah Formasi Administrasi | 76 |
Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP)
No | Posisi | Kualifikasi Pendidikan Minimal | Jumlah Formasi | Syarat Khusus |
1 | PLP Laboratorium Riset | D3 Analis Kesehatan | 1 |
|
2 | PLP Laboratorium Farmakologi | D3 Kesehatan Hewan | 1 |
|
3 | PLP Laboratorium Farmasi Praktis/OSCE | D3 Farmasi | 1 |
|
4 | PLP Laboratorium Teknologi Farmasi/Riset | D3 Kimia Analisis/Analisis Farmasi | 1 |
|
5 | PLP Laboratorium Statistika | D3 Statistika/Matematika | 1 |
|
6 | PLP Laboratorium Kimia | D3 Kimia/Pendidikan Kimia | 2 |
|
7 | PLP Laboratorium Jurusan Teknik Sipil | D3 Teknik (diutamakan Teknik Sipil)/Fisika/ bidang lain yang berkaitan dengan Ketekniksipilan | 6 |
|
8 | PLP Laboratorium Teknologi dan Kinerja Bangunan | D3 Arsitektur/Teknik Sipil/Teknik Fisika | 1 |
|
9 | PLP Laboratorium Reka Rupa dan Ruang | D3 Arsitektur/Sejarah/ Seni Rupa/Seni Desain | 1 |
|
10 | PLP Laboratorium Pemodelan Arsitektur dan Perkotaan | D3 Arsitektur/Teknik Sipil | 1 |
|
11 | PLP Laboratorium Teknik Lingkungan | D3 Statistika/Sains Data | 1 |
|
12 | PLP Laboratorium Program Studi Informatika | D3 Teknik Elektro atau yang serumpun/ Rekayasa Tekstil atau yang serumpun/Ilmu Komputer/Informatika/Teknologi informasi/ Sistem Informasi yang serumpun | 1 |
|
13 | PLP Laboratorium Program Studi Rekayasa Tekstil | D3 Rekayasa Tekstil/ Teknik Kimia/Teknik Permesinan/Teknik Elektro | 1 |
|
14 | PLP Laboratorium Program Studi Teknik Elektro | D3 Teknik Elektro | 1 |
|
15 | PLP Laboratorium Fisika Dasar | D3 Metrologi/Fisika/ Elektronika dan Instrumentasi | 1 |
|
16 | PLP Laboratorium Kimia Dasar | D3 Kimia/Kimia Analis/Teknik Kimia | 1 |
|
Jumlah Formasi Pranata Laboratorium Pendidikan | 22 |
Catatan:
Bagi calon pelamar Pranata Laboratorium Pendidikan wajib melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter (hasil pemeriksaan antara 3 Desember 2022 sampai dengan 3 Februari 2023) dari rumah sakit minimal tipe C.
Pranata Teknologi Informasi
No | Posisi | Kualifikasi Pendidikan Minimal | Jumlah Formasi | Syarat Khusus |
1 | Data Analyst | D3 Statistika/ Informatika atau yang serumpun | 2 | Menguasai analisis statistik kuantitatif dan bahasa pemrograman Python atau R. |
2 | Developer | D3 Informatika atau yang serumpun | 4 |
|
3 | IT Support | D3 Informatika atau yang serumpun | 8 |
|
4 | Programmer | D3 Informatika atau yang serumpun | 3 | Menguasai bahasa pemrograman web. |
5 | System Administrator | D3 Informatika atau yang serumpun | 4 | Menguasai operasional server dan perangkat enterprise network. |
6 | Web Master/Web Designer | D3 Informatika atau yang serumpun | 1 |
|
7 | Web Programmer | D3 Informatika atau yang serumpun | 4 | Menguasai bahasa pemrograman web. |
Jumlah Formasi Pranata Teknologi Informasi | 26 |
Pustakawan
No | Posisi | Kualifikasi Pendidikan Minimal | Jumlah Formasi | Syarat Khusus |
1 | Pustakawan | D3 Ilmu Perpustakaan | 7 |
|
Jumlah Formasi Pustakawan | 7 |
Catatan:
Bagi calon pelamar Pustakawan wajib melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter (hasil pemeriksaan antara 3 Desember 2022 sampai dengan 3 Februari 2023) dari rumah sakit minimal tipe C.
Teknisi
No | Posisi | Kualifikasi Pendidikan Minimal | Jumlah Formasi | Syarat Khusus |
1 | Teknisi Kelistrikan | D3 Teknik Elektro | 4 |
|
2 | Teknisi Multimedia | D3 Multimedia/Desain Komunikasi Visual | 2 |
|
Jumlah Formasi Teknisi | 6 |
Catatan:
Bagi calon pelamar Pustakawan wajib melampirkan surat keterangan tidak buta warna dari dokter (hasil pemeriksaan antara 3 Desember 2022 sampai dengan 3 Februari 2023) dari rumah sakit minimal tipe C.
Tata Cara Pendaftaran
- Membuka sistem UIIRekrutmen dilaman https://admisi.uii.ac.id, pilih menu Rekrutmen Dosen dan Tenaga Kependidikan;
- Membuat Nomor Induk Utama (NIU);
- Masuk ke sistem UIIRekrutmen dan login menggunakan username dan password NIU;
- Melengkapi profil dan melakukan pendaftaran;
- Mengunggah berkas lamaran lengkap sebagaimana persyaratan antara lain:
1. | Mengajukan surat lamaran bermaterai cukup (Rp10.000,00) yang ditujukan kepada:
Rektor Universitas Islam Indonesia Gedung H. GBPH. Prabuningrat (Rektorat), Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta 55584 |
2. | Pindai berwarna ijazah dan transkrip nilai asli jenjang Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Sarjana atau fotokopi yang telah dilegalisasi (khusus lulusan luar negeri harus dilengkapi dengan SK akreditasi/penyetaraan ijazah dari Dikti yang telah dilegalisasi). Pelamar berijazah luar negeri yang belum dapat melampirkan surat penyetaraan ijazah dari Dikti, wajib menyerahkan surat penyetaraan ijazah paling lambat pada 24 Maret 2023; |
3. | Bagi pelamar yang belum terbit ijazahnya dapat menyampaikan pindai berwarna surat keterangan lulus beserta transkrip nilai akhir asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi dan wajib menyerahkan ijazah sesuai ketentuan yang berlaku paling lambat pada 24 Maret 2023; |
4. | Bukti akreditasi asal perguruan tinggi Diploma Tiga/Sarjana Terapan/Sarjana sesuai dengan BAN-PT/LAM (berupa sertifikat akreditasi atau bukti tembak layar sertifikat akreditasi dari laman BAN-PT/LAM); |
5. | File foto resmi berwarna (terbaru) dalam format .jpg, atau .jpeg, maksimal 500kb; |
6. | Pindai berwarna Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku; |
7. | Pindai berwarna akte kelahiran asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi; |
8. | Pindai berwarna kartu keluarga yang masih berlaku, asli atau fotokopi yang telah dilegalisasi; |
9. | Pindai berwarna surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum dan sehat rohani dari dokter spesialis jiwa (hasil pemeriksaan antara 3 Desember 2022 sampai dengan 3 Februari 2023) dari rumah sakit minimal tipe C; |
10. | Pindai berwarna surat keterangan bebas narkoba dilampiri dengan hasil pemeriksaan laboratorium (hasil pemeriksaan antara 3 Desember 2022 sampai dengan 3 Februari 2023) dari rumah sakit minimal tipe C; |
11. | Pindai berwarna Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang masih berlaku yang diterbitkan oleh Kepolisian (minimal Polres/Polresta); |
12. | Pindai berwarna surat pernyataan bermaterai yang menyatakan*):
a. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap; b. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai pegawai suatu instansi, baik pemerintah maupun swasta; c. Tidak sedang dalam status sebagai calon pegawai atau pegawai tetap pada instansi lain; d. Tidak bekerja paruh waktu pada instansi/perguruan tinggi lain; e. Bukti fisik di dalam berkas/dokumen yang dilampirkan untuk keperluan melamar sebagai calon tenaga kependidikan tetap pada seleksi penerimaan calon tenaga kependidikan tetap baru benar adanya dan dapat dipertanggung jawabkan. |
13. | Pindai berwarna surat pernyataan kesediaan diangkat menjadi tenaga kependidikan tetap di lingkungan Universitas Islam Indonesia*); |
14. | Pindai berwarna sertifikat TOEFL ITP® dengan skor minimal 450 atau CEPT dari CILACS UII dengan skor minimal 510 yang masih berlaku. |
*) format disediakan
Lini Masa Rekrutmen
1. Pendaftaran dibuka mulai 13 Januari 2023 sampai dengan 3 Februari 2023 pukul 21.00 WIB
2. Tahapan seleksi
No | Agenda | Tanggal |
1. | Seleksi tahap 1 (seleksi administrasi) | 13 Januari 2023 – 3 Februari 2023 |
2. | Pengumuman hasil seleksi tahap 1 | 10 Februari 2023
pukul 16.00 WIB |
3. | Seleksi tahap 2
Materi tes: Pengetahuan Agama, Wawasan Umum dan Kebangsaan, dan Kompetensi Bidang Pekerjaan (tertulis) |
15 Februari 2023 |
4. | Pengumuman hasil seleksi tahap 2 | 23 Februari 2023
pukul 16.00 WIB |
5. | Seleksi tahap 3
Materi tes: Praktik Komputer dan Teknologi Informasi, Praktik Kompetensi (bagi Pranata Laboratorium Pendidikan) dan Tes Wawancara Agama |
27 Februari 2023 |
6. | Pengumuman hasil seleksi tahap 3 | 3 Maret 2023
pukul 16.00 WIB |
7. | Seleksi tahap 4
Materi tes: Asesmen Psikologi |
6 Maret 2023 |
8. | Pengumuman hasil seleksi tahap 4 | 10 Maret 2023
pukul 16.00 WIB |
9. | Seleksi tahap 5
Materi tes: Wawancara |
13 Maret 2023 |
10. | Pengumuman hasil akhir | 17 Maret 2023 |
Ketentuan-ketentuan Lain
- Pelamar hanya dapat mendaftar pada satu formasi;
- Persyaratan yang tidak lengkap, tidak diproses lebih lanjut;
- Bagi pelamar yang pernah mengikuti proses seleksi tenaga kependidikan tetap diperkenankan untuk mendaftar maksimal sampai dengan 3 kali periode rekrutmen. Penyimpangan dari ketentuan tersebut secara otomatis dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi atau gugur sebagai calon peserta rekrutmen tenaga kependidikan tetap UII.
- Calon pelamar dapat memantau pengumuman kelulusan setiap tahap seleksi melalui sistem penerimaan tenaga kependidikan tetap, email atau laman www.uii.ac.id. (UII tidak melakukan proses surat menyurat selama proses seleksi).
- Proses seleksi penerimaan tenaga kependidikan tetap dilaksanakan secara objektif.
- Informasi mengenai penyelenggaraan tes CEPT dari CILACS UII dapat diakses melalui laman cilacs.uii.ac.id.
- Informasi lebih lanjut mengenai proses penerimaan tenaga kependidikan tetap di lingkungan UII dapat menghubungi narahubung: Divisi Administrasi Sumber Daya Manusia, Direktorat Sumber Daya Manusia/Sekolah Kepemimpinan, Gedung H. GBPH. Prabuningrat lantai 2, Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang Km 14,5 Yogyakarta, Telp. 0274-898444 ext. 1208 atau 1202.
Bergabung Menjadi Tenaga Kependidikan UII
Seluruh Pelamar diwajibkan mengajukan lamaran dengan melakukan pendaftaran secara online melalui tautan:
Peringatan: Rekrutmen Tenaga Kependidikan Tetap Universitas Islam Indonesia tidak dipungut biaya apapun dan tidak menggunakan sistem refund atau penggantian biaya transportasi maupun akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanaan rekrutmen dan dimohon untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu meluluskan peserta rekrut.
Berikut daftar unduhan dokumen penting seputar Rekrutmen Tenaga Kependidikan Tetap Universitas Islam Indonesia Periode April 2023.