Penerimaan Mahasiswa Baru

Selangkah lagi untuk bergabung dengan Universitas Islam Indonesia. Setelah Anda menentukan pilihan jenjang dan bidang studi, baik program diploma, sarjana, profesi, magister, atau doktor yang sesuai minat belajar dan rencana karier Anda, maka kini saatnya anda melakukan pendaftaran dan mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru UII. Setiap jenjang pendidikan dan program studi tertentu mungkin menerapkan prosedur dan persyaratan admisi yang berbeda. Simak informasinya melalui salah satu tombol tautan yang tersedia di bawah ini.

Program
Diploma (D3) & Sarjana (S1)

Program Profesi,
Magister (S2) & Doktor (S3)

Admission for
International Student

Proses seleksi PMB UII tahun akademik 2020/2021 untuk program pendidikan diploma (D3) dan program sarjana (S1) dapat ditempuh melalui 6 (enam) pilihan pola seleksi, yaitu:

  • Seleksi Berbasis Rapor (SIBER), yaitu pola seleksi penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi berdasarkan nilai rapor siswa (Semester 3, 4, dan 5). Pola seleksi SIBER juga dibuka secara khusus untuk Program Studi Kedokteran (SIBER FK) melalui seleksi berdasarkan nilai rapor siswa (Semester 1, 2, 3, 4, dan 5). Dengan pola seleksi ini, siswa cukup mendaftar, mengunggah nilai rapor, dan melihat pengumuman di hari yang sama.
  • Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), yaitu pola seleksi penerimaan calon mahasiswa bagi pendaftar/siswa yang memiliki pengalaman menjadi pengurus organisasi siswa di tingkat SMA/SMK/MA. Organisasi Siswa yang dimaksud di antaranya adalah: OSIS, Pramuka, Paskibra, Ekstrakurikuler (Keilmuan/Olahraga/Seni), serta Rohis Sekolah. Pola seleksi PPM dibuka untuk semua Prodi Diploma (D3) dan Sarjana (S1) kecuali Prodi Kedokteran.
  • Computer Based Test (CBT), yaitu pola seleksi yang dilakukan secara daring (online), baik yang dilaksanakan di Kampus Terpadu UII maupun beberapa lokasi di luar Kampus Terpadu UII. Seleksi CBT di luar Kampus Terpadu UII diselenggarakan di SMA/MA di beberapa wilayah kota/kabupaten yang menjadi mitra UII sebagai penyelenggara seleksi CBT.
  • Paper Based Test (PBT), yaitu pola seleksi tes tertulis yang terdiri atas pola PBT Mandiri dan PBT Potensi. Pola seleksi PBT diselenggarakan di Kampus Terpadu UII.
  • Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), yaitu pola seleksi melalui asesmen prestasi di bidang akademik dan minat-bakat siswa kategori beasiswa dan non-beasiswa.
  • Penelusuran Hafiz Al-Qur’an (PHA), yaitu pola seleksi yang ditujukan untuk siswa berprestasi dengan kemampuan akademik yang tinggi dan hafal Al-Qur’an minimal 10 juz.

Keenam pola seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut diberlakukan untuk semua program studi D3 dan S1 yang ditawarkan di UII. Khusus untuk program studi Pendidikan Dokter, proses seleksi terdiri atas dua tahap seleksi, yaitu (1) seleksi melalui CBT FK, PBT, PSB, PHA, atau SIBER FK dan (2) seleksi tahap dua berupa ujian komprehensif.

#UIIMemudahkanmu

Sehubungan dengan masa pandemi COVID-19, proses seleksi penerimaan mahasiswa baru UII tahun akademik 2020/2021 untuk program Diploma (D3) dan Sarjana (S1) kini dapat dilakukan secara daring #DariRumahSaja.

Universitas Islam Indonesia membuka tambahan pola seleksi baru yaitu SIBER (Seleksi Berbasis Rapor) dan PPM (Penelusuran Pemimpin Muda). Untuk informasi lengkap tentang prosedur dan persyaratan pendaftaran, silakan kunjungi situs web PMB UII melalui tombol tautan yang tersedia.

Program Profesi, Magister (S2), dan Doktor (S3)

Studi lanjut di jenjang pascasarjana dapat membantu Anda untuk meningkatkan kompetensi pada profesi yang Anda jlani saat ini atau menjelajahi jalur karier baru. Dengan mengikuti pendidikan profesi, magister, atau doktor, Anda akan memperoleh pengetahuan, keterampilan serta pengalaman yang nantinya dapat ditransfer dan diterapkan untuk mendukung kinerja Anda. Kompetensi dan pengalaman yang semakin banyak akan membuat Anda berada di posisi yang lebih baik untuk mengambil keuntungan dari peluang karier ketika itu muncul.

Proses seleksi penerimaan mahasiswa baru untuk program profesi, magister, dan doktor (PPMD) di Universitas Islam Indonesia saat ini dikelola oleh masing-masing program studi. Temukan panduan langkah demi langkah untuk mempersiapkan aplikasi sebagai calon mahasiswa program profesi, magister, atau doktor di UII, termasuk informasi persyaratan, periode penerimaan mahasiswa baru, serta dokumen pelengkap yang perlu Anda persiapkan.

Perlu Bantuan?

Apakah Anda menemui kesulitan atau memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang pendidikan profesi, magister, atau doktor di Universitas Islam Indonesia? 

Anda bisa menghubungi masing-masing pengelola program pendidikan dan mendapatkan informasi lebih lengkap dari petugas layanan kami. Silakan mengirimkan surel ke alamat: [email protected]

The selection and administration process in the admission of foreign students/applicants at Universitas Islam Indonesia is assisted by the Office of International Affairs (OIA).

If you have any questions or difficulties in preparing the required documents to meet the entry requirements, please contact our staff at OIA UII via email: [email protected]. We will guide you through the admission process.

The information in this web page is available in Indonesian and is provided to guide especially domestic students to register for study at Universitas Islam Indonesia. Please refer to our website available in English to make you more confident and comfortable in exploring our study program and admission procedure.

Need Help?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Or do you want to study at UII using English by applying to the International Program (provided for selected bachelor programs only)?

Find information about requirements and procedures via the button link below.

Gedung GBPH Prabuningrat (Rektorat)
Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia
Jl. Kaliurang km. 14,5 Sleman, Yogyakarta 55584 Indonesia

Telepon: +62 274 898444
Faks: +62 274 898459
Email: info[at]uii.ac.id

Akreditasi Institusi A. Universitas Islam Indonesia telah mendapatkan Akreditasi Institusi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sejak tahun 2013.