Mahasiswa UII di bawah naungan UKM El-Markazi memborong piala pada Semarak Festival Arab X yang diadakan oleh Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab Universitas Negeri Jakarta. Di acara yang berlangsung pada 19-21 November 2019 itu, tim UII berhasil menjuarai beberapa cabang perlombaan seperti Juara 1 Baca Berita Bahasa Arab oleh Qonita Luthfiyah dari prodi Akhwal Syakhsiyyah 2016, Juara 1 MTQ Putri oleh Ega dari prodi Teknik Lingkungan 2017, Juara 1 MTQ Putra oleh Abi Quhafah dari prodi Hubungan Internasional 2018, serta Juara 2 MHQ Putra oleh Muhammad Zaini Na’im dari prodi Pendidikan Agama Islam 2019. Lomba tingkat nasional ini diikuti setidaknya seribu peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

Sedangkan Juara Harapan 1 Ghina Arobi diraih oleh Ega, Juara Harapan 2 Baca Berita Bahasa Arab oleh Nailia Nurul Hikmah dari prodi Ekonomi Islam 2018, dan Juara Harapan 3 Ghina Arobi oleh Rima Isfah Lana dari prodi Ekonomi Islam 2017. “Alhamdulillah UII tahun ini menempati peringkat ke-dua juara umum SAFAR setelah UNJ. Jadi sudah tiga tahun berturut-turut UII sendiri bisa mendapatkan juara umum di SAFAR ini. Pada tahun ini kita juga mengusahakan bisa mengharumkan dan mewarnai nama UII”, ucap Husna Amalia Rahmawati selaku official UKM El-Markazi.

Ditambahkan Husna bahwa kesibukan masing-masing anggotanya sempat menjadi kendala untuk latihan bersama. “Salah satu kendala adalah menyamakan waktu latihan bersama karena kita memiliki kesibukan masing-masing. Tetapi meskipun begitu kita tetap saling mendukung dan berkoordinasi untuk latihan mandiri”, imbuhnya.

“Harapannya yaitu kami mampu berkompetisi secara maksimal, mampu tampil dan memberikan yang terbaik karena dukungan dari UII sendiri sudah sangat besar. Dengan berkompetisi sebenarnya tidak hanya mendidik tentang bagaimana mengikuti kompetisi tetapi juga dapat menjadi ruang untuk mengembangkan potensi. Semoga prestasi ini turut memotivasi mahasiswa UII lainnya”, pungkasnya. (DRD/ESP)