Universitas Islam Indonesia (UII) terus mengikuti kegiatan pameran pendidikan nasional di berbagai pelosok negeri. Kali ini, UII turut serta dalam kegiatan pameran pendidikan bertajuk “Sulawesi Education and Techno Expo 2020”, yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 20 Februari 2020 di Celebes Convention Center, kota Makassar. Sebelumnya, UII juga berpartisipasi dalam International Education & Training Expo (IIETE), pada 6-9 Februari 2020 di Jakarta Convention Center.

Pameran pendidikan yang digelar di Kota Anging Mammiri ini merupakan ajang pameran pendidikan terbesar di wilayah Sulawesi yang terselenggara berkat dukungan dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi & Gorontalo. Berbagai institusi perguruan tinggi baik yang berasal dari Sulawesi & Gorontalo, maupun dari luar daerah turut hadir menyemarakkan kegiatan tersebut.

Direktur Pemasaran UII, Sigit Pamungkas, S.E., M.Com mengatakan keikutsertaan UII guna mendukung upaya pemerintah dalam pemerataan pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kesempatan bagi calon mahasiswa dari luar Pulau Jawa. Selain itu, UII juga ingin mengapresiasi para calon mahasiswa yang berasal dari kota Makassar dan sekitarnya.

“Hadirnya UII pada kegiatan pameran diharapkan dapat memberikan informasi secara langsung kepada para calon mahasiswa terkait kualitas UII serta iklim pendidikan di lingkungan UII yang berada di kota pendidikan, Yogyakarta. UII merupakan salah satu institusi pendidikan yang menghadirkan jalur khusus bagi para calon mahasiswa dari daerah yang tertinggal, terdepan, dan terluar”, jelasnya.

Ia juga menjelaskan tema yang diusung UII pada pameran adalah “UII – Yogyakarta”. Kesan Yogyakarta terlihat dari desain stan yang dibuat khusus dengan ornamen-ornamen khas Yogyakarta seperti batik kawung, wayang, tugu jogja, dan lain-lain. Sementara kesan UII ditunjukan dengan dominasi warna biru dan kuning.

“Keunikan lain yang disuguhkan UII dalam kesertaannya di pameran pendidikan adalah adanya unsur teknologi yang menghiasi salah satu sudut stan. Pada pameran kali ini, tim pameran UII menggunakan teknologi virtual reality untuk menarik minat para pengunjung. Selain digunakan untuk bermain permainan dengan tema UII – Yogyakarta, virtual reality tersebut juga dapat digunakan untuk menunjukkan beberapa tempat di UII melalui fasilitas tampilan 360 derajat”, pungkasnya. (RS/ESP)