,

UMM Pelajari Pola Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII

Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam rangka studi banding pada Selasa (25/6). Dipimpin oleh Kepala UPT Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UMM, Dr. Saiman, M.Si., rombongan UMM diterima oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan dan Alumni/Ketua Umum PMB UII, Dr. Drs. Rohidin, M.Ag., di Gedung Rektorat.

Saiman menjelaskan maksud kedatangannya ke UII adalah untuk mempelajari mengenai pola seleksi masuk ke Perguruan Tinggi khususnya pada jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) di sebuah Universitas atau Perguruan Tinggi Swasta. “UII telah sejak lama menggunakan pola seleksi masuk ke Perguruan Tinggi menggunakan jalur ujian berbasis komputer. Tidak hanya itu, UII juga sudah melakukan seleksi masuk perguruan tinggi di luar wilayah kampus UII yaitu di daerah-daerah bahkan di luar pulau Jawa. Jadi, UMM berharap bisa banyak mendapatkan informasi mengenai bagaimana proses ujian berbasis komputer dalam konteks soal dan penilaian serta bagaimana melakukan ujian berbasis komputer di lokasi selain di kampus.” Ujarnya.

Menanggapi hal tersebut, Rohidin menuturkan bahwa ujian berbasis komputer di UII disebut dengan Computer Based Test (CBT). “Sudah sejak tahun 2005, UII menerapkan pola seleksi CBT. Selama kurun waktu tersebut sampai sekarang, tentunya banyak perubahan-perubahan yang terjadi. Dari yang server utamanya belum terpusat sampai saat ini sudah terpusat di kampus terpadu UII.” Jelasnya.

Ia juga menyebut kunjungan sekaligus silaturahmi dari UMM merupakan media pertukaran pengetahuan juga pemikiran yang bisa membawa manfaat bagi masing-masing institusi.

Lebih lanjut dijelaskan oleh sekretaris Umum PMB UII, Dr. Raden Bagus Fajriya Hakim, S.Si., bahwa pelaksanaan CBT di UII sangat spesial. “Bisa dikatakan spesial karena pelaksanaannya sangat fleksibel dan bisa dilakukan dari Senin-Sabtu selama masa seleksi dibuka. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan ada hambatan yang terjadi saat pola seleksi. Namun dari pihak UII dan tim sebisa mungkin untuk menghilangkan hambatan tersebut agar pola seleksi CBT ini akan semakin baik. Sedangkan untuk meminimalisir terjadinya kecurangan, UII telah menyiapkan beberapa paket soal di dalam bank soal.” Ungkapnya.

Di akhir kunjungan, rombongan dari UMM menyempatkan diri untuk mengunjungi ruangan yang digunakan untuk melakukan seleksi CBT di kampus UII. (RRA/ESP)