Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) adalah program pembelajaran bahasa Indonesia yang banyak diminati warga asing. Berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia menjadi peluang dalam pengembangan bahasa Indonesia dan serta budayanya yang sangat beraneka ragam. Namun dalam prosesnya, masih ada berbagai persoalan yang perlu dibenahi. Beranjak dari persoalan itulah Cilacs UII mencari strategi agar BIPA yang dimiliki Cilacs UII terus berkembang ke depannya.

Salah satu langkah nyata yang dilakukan adalah dengan melakukan studi banding di beberapa universitas terkemuka di Bandung sejak tanggal 1 dan 2 Maret 2018. Universitas yang dikunjungi antara lain Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Katolik Parahyangan (Unpar), Universitas Komputer Indonesia (Unikom), dan Universitas Islam Bandung (Unisba). Khusus kunjungan di Unisba, Cilacs UII bertukar pengalaman tentang pengembangan tes SIMLA (tes bahasa Arab).

Saat mengunjungi Unpar, rombongan dari Cilacs UII diterima dengan baik di Pusat Pengembangan Karir Unpar Bandung. Pertemuan ini adalah yang kedua kalinya di mana sebelumnya Pusat Pengembangan Karir Unpar Bandung pada bulan Februari 2018 telah berkunjung ke Cilacs UII.

Direktur Cilacs UII, Fitri Nugraheni, Ph.D mengatakan pertemuan tersebut fokus membahas pengembangan BIPA dari kedua belah pihak. Selanjutnya kedua pihak menyepakati program bersama yaitu program “BIPA Cultural Diversity Collaboration Program“ yang dituangkan dalam sebuah Memorandum of Agreement (MoA).

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Fitri Nugraheni Ph.D selaku Direktur Cilacs UII dan Dewiyani, S.Psi., Psikolog, CGA selaku Kepala Pusat Pengembangan Karir Unpar Bandung. Penandatanganan MoA tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor IV Unpar Dr. Budi Husodo Bisowarno.

Setelah penandatanganan berlangsung Fitri Nugraheni, Ph.D juga melakukan pertemuan dengan Rektor Unpar Mangadar Situmorang, Ph.D. Dalam kesempatan itu kedua pimpinan mendiskusikan tentang bagaimana tata kelola lembaga bahasa di bawah perguruan tinggi. Diharapkan dalam pertemuan tersebut akan membawa perkembangan positif program BIPA Cilacs UII di masa yang akan datang. (Ank)