CILACS UII menjadi pionir dalam menggelar computer delivered  International English Language Testing System (IELTS) di wilayah Yogya dan Jawa Tengah pada Sabtu (18/9). Penyelenggaraan tes hasil kerjasama dengan British Council (BC) ini disambut antusias oleh masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya. Terbukti dengan penuhnya jadwal tes pada bulan September 2021 yang disediakan sesaat setelah resmi dibuka pada Agustus 2021 lalu. Bahkan hingga saat ini masyarakat terus memburu jadwal yang sudah disediakan pada bulan berikutnya.

Sebagai informasi, IELTS merupakan program tes internasional yang menguji kemahiran dalam berbahasa Inggris. IELTS biasanya digunakan untuk mengurus visa luar negeri, kepentingan pindah kewarganegaraan, aplikasi beasiswa serta studi/sekolah ke negara-negara English-British seperti Inggris,  Australia, dll. Selama ini IELTS dilaksanakan secara paper based dimana peserta mengerjakan tes secara langsung dan menjawab soal pada kertas lembar jawaban yang sudah disediakan oleh penyelenggara. 

Namun sejak adanya pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu, pihak penyelenggara IELTS mulai menyelenggarakan tes berbasis komputer sebagai solusi memenuhi kebutuhan tes di tengah pandemi.

Lizda Iswari, S.T., M.Sc (Kepala CILACS UII) menyebutkan kehadiran CD IELTS itu merupakan salah satu realisasi visi CILACS yang berkomitmen sebagai penyelenggara tes terpercaya dan terdepan untuk berbagai tes kompetensi bahasa baik institusional maupun internasional. 

Saat ini, CILACS UII sudah menjadi penyelenggara untuk tes TOEFL iBT (R), TOEFL ITP (R), CD IELTS, CEPT, JLFW (tes bahasa Jepang) dan SIMLA (tes Bahasa Arab). CILACS berharap dengan bertambahnya variasi penyelenggaraan tes ini, masyarakat luas dapat melihat bahwa kondisi pandemi bukan menjadi halangan untuk tetap melangkah mendunia.

Sementara itu, Aditya Suci, S.Pt (Kepala Departemen Pemasaran Cilacs UII) menjelaskan bahwa “Computer Delivered (CD) IELTS merupakan varian baru tes IELTS yang diselenggarakan oleh British Council. Perbedaan terletak pada pelaksaan tes listening, reading, dan writing yang dilakukan menggunakan komputer. Sedangkan speaking test dilakukan secara sinkron bertemu langsung dengan examiner, dimana mereka bisa berada di belahan dunia manapun. Untuk hasil tes dari CD IELTS juga bisa diperoleh lebih cepat yaitu 7 hari setelah tes.

CD IELTS yang diselenggarakan ini sudah dipersiapkan sejak awal tahun 2020. Saat itu, Aria Buditama selaku Assistant Exam Marketing Manager British Council berkunjungan ke Yogyakarta untuk memastikan kesiapan CILACS UII sebagai venue CD IELTS untuk wilayah DIY dan Jawa Tengah. Setelah melalui proses yang cukup panjang, pada bulan Agustus 2021 secara resmi British Council mempercayakan pelaksanaan CD kepada CILACS UII Yogyakarta. (Ank/ESP)