Universitas Islam Indonesia (UII) dalam menjalankan tugas berdakwah tidak hanya ditempuh melalui kegiatan belajar mengajar. Sebagai universitas yang mengedepankan nilai-nilai keislaman, UII memberikan ruang bagi para pegawainya menuangkan bakat yang dimiliki. Seni merupakan salah satu bidang yang dapat dikembangkan dan juga dijadikan sebagai wadah untuk berdakwah.

Di penghujung bulan Syawal dalam rangka memeriahkan Milad ke-76 UII, Ikatan Keluarga Pegawai (IKP) UII bersama Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) UII menyelenggarakan kegiatan Festival Kesenian Pegawai UII. Bertempat di Auditorium Abdulkahar Mudzakkir, Senin (1/7), festival kesenian diikuti oleh peserta dari Rektorat dan Fakultas dengan Kategori lomba hadrah dan akustik.

Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Hukum (FH) dan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (FPSB), masing-masing mengirimkan satu grup pada kategori perlombaan hadrah. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) mengirimkan 2 grup untuk mengikuti kompetisi hadrah dan akustik. Sedangkan dari Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan serta Rektorat hanya mengirimkan satu grup untuk mengikuti perlombaan akustik.

Kreativitas para peserta dalam menyajikan musik yang akan ditampilkan menjadi tantangan tersendiri, mengingat adanya lagu wajib yakni hymne UII ataupun mars UII yang harus dipersembahkan. Melalui kreativitas peserta, lagu yang ditampilkan menjadi beragam dengan berbagai aransmen. Selain lagu wajib, terdapat lagu pilihan yang harus ditampilkan dalam waktu 20 menit oleh para peserta lomba.

Penilaian dalam penentuan juara mencakup empat kriteria yakni musik, vokal, aransmen dan kekompakan. Dipenghujung acara, pemenang lomba diumumkan dengan jumlah tiga pemenang hadrah dan tiga pemenang akustik. Perlombaan hadrah dimenangkan oleh FE, FTI dan FIAI dengan perolehan nilai masing-masing 790, 777 dan 720 poin. Sedangkan untuk kategori akustik dimenangkan oleh FTI dengan perolehan nilai 802, juara 2 dan 3 diraih oleh rektorat dan FTSP dengan nilai 763 dan 735.

Kegiatan festival yang berlangsung kompetitif terlihat dari keseriusan peserta dalam berbusana, dan penggunaan atribut lainnya. Ketua IKP UII, Moh. Hasyim, S.H., M.Hum. berharap partisipasi pegawai UII semakin meningkat dalam meramaikan penyelenggaraan festival kesenian mendatang.