Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan pertemuan dengan orangtua dan wali mahasiswa FTI angkatan 2019. Kegiatan ini dilangsungkan di Gedung Olahraga Ki Bagoes Hadikoesoemo pada Sabtu (22/02). Acara yang juga dihadiri oleh pimpinan FTI, dosen, karyawan dan tenaga kependidikan, dan mahasiswa berprestasi ini mengusung tema “Membangun Sinergi, Meraih Prestasi.” Tujuan diadakannya pertemuan tersebut adalah untuk meningkatkan tali silaturahmi antara civitas akademika FTI UII dan orangtua / wali mahasiswa.

Kegiatan dimulai dari perkenalan dekan, dosen, dan setiap jurusan yang ada di FTI UII. Dilanjutkan dengan paparan mengenai sarana dan prasarana perkuliahan serta kegiatan yang akan dilaksanakan oleh para mahasiswa. Sehingga orangtua atau wali dapat mengetahuinya dan tidak risau selama anak-anaknya menjalankan perkuliahan. Temu orangtua atau wali mahasiswa ini juga dapat menumbuhkan sifat kedekatan dan kerjasama yang baik antara pihak kampus dan orang tua atau wali mahasiswa.

Dekan Fakultas Teknik Industri (FTI), Prof. Dr. Ir. Hari Purnomo dalam sambutannya mengatakan bahwa anak-anak zaman sekarang lebih akrab dengan berbagai perkembangan teknologi, terutama gawai. Aktivitas sehari-hari mereka pun selalu berhubungan dengan gawai. “Setiap mahasiswa punya telepon pintar bahkan ada yang lebih. Orangtuanya saja punya, apalagi anaknya,” tambah Hari sambil tersenyum dan diikuti dengan tawaan dari para hadirin.

Perkembangan zaman turut merubah kehidupan setiap masyarakat sehingga tanpa adanya kemauan maupun softskill untuk belajar, maka akan cenderung tertinggal. Prof. Hari menekankan UII selalu berupaya memberikan fasilitas yang memadai untuk dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa.

Harapannya mahasiswa dapat belajar dengan nyaman, bersaing secara sehat baik dalam ranah kampus maupun luar kampus, dan mempersiapkan masa depan yang cerah.

Ia mengajak para orangtua atau wali mahasiswa untuk saling bekerjasama dalam membantu dan mewujudkan cita-cita para mahasiswa. Ia juga menyebutkan empat profil lulusan UII yang harapannya dikuasai oleh setiap lulusannya.

Keempat profil lulusan UII tersebut adalah insan professional, insan tauhid, insan berilmu, dan pemimpin. Profil-profil tersebut dapat dimulai dan dilatih melalui kegiatan-kegiatan yang diadakan di kampus maupun fakultas. Bahkan dapat dilatih dengan keikutsertaan mahasiswa dalam ajang pertukaran mahasiswa dengan perguruan tinggi di luar negeri maupun melalui perlombaan di tingkat nasional dan internasional.

FTI UII pun menurutnya saling bahu-membahu dalam menyikapi program baru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) mengenai Kampus Merdeka. Kebijakan Kampus Merdeka menjadi kelanjutan dari konsep Merdeka Belajar yang diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, untuk ranah pendidikan tinggi.

“Kami antisipasi melalui kerjasama dengan banyak perusahaan industri, sehingga mahasiswa dapat magang di sana dan setelah lulus mudah mendapatkan pekerjaan. Di kelas-kelas juga sudah diubah menjadi kelas millennial, mengikuti perkembangan zaman,” pungkasnya. (SF/ESP)