Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) menerima kunjungan dari The Technical University of Munich (TUM) Asia, Singapore pada Senin (6/11). Perwakilan dari TUM Asia diterima langsung oleh Drs. Imam Djati Widodo, M.Eng.Sc., selaku Dekan FTI UII beserta jajaran pimpinan program studi (Prodi) FTI UII di Gedung Mas Mansur UII.

TUM Asia merupakan kampus cabang pertama dari TUM yang ada di Jerman, dimana merupakan almamater dari Presiden Republik Indonesia yang ke-3, B.J. Habibie. TUM Asia mulai dibuka sejak tahun 2002, dan sudah bekerja sama dengan berbagai universitas terkemuka di Singapore seperti National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) Singapore.

Disampaikan Sholeh Ma’mun, Ph.D., kunjungan kali ini bermula dari kunjungan Prodi Teknik Kimia UII ke Management Development Institute of Singapore (MDIS). Dimana waktu itu yang menjadi kontak personnya adalah Lenny Christina, dan selanjutnya pindah ke TUM Asia sebagai Senior Executive International Student Recruitment.

Ia menambahkan, ada keinginan dari TUM Asia merekrut mahasiswa yang lebih banyak lagi dari Indonesia, karena selama ini yang lebih dominan dari china, india. Sholeh Ma’mun yang merupakan dosen Teknik Kimia UII menuturkan bahwa kunjungan ini membahas kemungkinan-kemungkinan rencana kerjasama antara FTI UII dengan TUM Asia.

Beberapa bentuk kerjasama yang menjadi topik dalam diskusi seperti mahasiswa FTI UII dapat melanjutkan studi S2 ke TUM Asia. Selain itu juga pengambilan modul untuk profesi. “Jadi 1, 2 atau beberapa modul diambil di TUM Asia, kemudian dapat sertifikat,” tuturnya.

Lebih lanjut Sholeh Ma’mun menyampaikan, dengan adanya kunjungan ini maka akan menambah wawasan dan jaringan internasional. “Kita bisa menunjukkan potensi kita, bahwa kita tidak kalah dengan kampus-kampus yang diluar. Buktinya banyak mahasiswa dari UII yang student exchange seperti ke Thailand, Belanda dan lainnya,” ujarnya. (MDP/RS)