Universitas Islam Indonesia (UII) secara dinamis terus mengembangkan banyak bentuk kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi lainnya. Seperti belum lama ini, Rabu (8/11), bertempat di di Gedung Mohammad Hatta UII, dilakukan penandatanganan naskah kerjasama antara UII dengan Universitas Alma Ata.

Kerjasama yang disepakati fokus pada Tridarma Perguruan Tinggi yakni dalam hal pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat. Dalam pertemuan ini juga menjadi ajang diskusi tentang program-program yang ada di kedua institusi.

Penandatanganan naskah kerjasama dilakukan oleh Rektor UII, Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., PhD dan Rektor Universitas Alma Ata, Prof. Dr. H. Hamam Hadi, MS., Sc.D., Sp.GK. Turut hadir dan menyaksikan Wakil Rektor III UII, Dekan Fakultas Kedokteran UII, Dekan Fakultas Ilmu Agama Islam UII dan Direktur Direktorat Pemasaran, Kerjasama dan Alumni UII.

Sementara dari Universitas Alma Ata tampak hadir Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Agama Islam dan Ilmu Pendidikan, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan, Dekan Fakultas Ekonomi Bisnis dan Direktur Bidang Kerjasama Luar Negri Universitas Alma Ata.

Nandang Sutrisno dalam sambutanya menyampaikan pentingnya kerjasama dua institusi pendidikan untuk saling bertukar pengalaman. “Kita sewajarnya untuk saling melakukan kerjasama dan memperdalamnya dengan MoU atau bahkan MoA karena harus ada implementasinya,” ungkapnya.

Nandang Sutrisno menambahkan, secara detail setiap MoU yang akan UII tanda tangani harus ada kejelasan implementasinya agar ada dampak yang baik. Baik itu MoU dulu lalu disusul dengan MoA atau bahkan lebih baik muncul MoA dulu kemudian baru MoU.

Hal senada disampaikan Rektor Universitas Alma Ata tentang kesinambungan kerjasama yang baik antar institusi pendidikan baik did alam negri maupun luar negri. UII merupakan lawatan kerjasama perguruan tinggi dalam negri pertama bagi Universitas Alma Ata setelah resmi menjadi universitas pada Desember 2015.

“UII sebagai kampus tertua di Indonesia menjadi salah satu alasan kami untuk berkunjung kesini. Selain itu keserasian ruh yang sama-sama menjunjung kampus rahmatan lil ‘alamin menjadi dorongan kami untuk mempertegas kerjasama ini. Insyaallah mempunyai visi yang sama untuk membumikan syiar Islam,” ungkapnya.

Ia berharap akan muncul kerjasama yang sebaik mungkin dan implementasi nyata. Seperti penelitian bersama, penulisan proposal bersama dan sama-sama mendorong kemajuan dalam ranah akademik. ”Selain itu kami juga ingin bertukar pengalaman tentang kemahasiswaan baik dalam ranah akademik maupun non akademik,” ujarnya. (BKP/RS)