Komando Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia akan menyelenggarakan pendidikan lanjut tingkat kedua, Kursus Kader Pelaksana Nasional (Suslaknas) Menwa Indonesia Angkatan VIII tahun 2017 yang bertempat di Komando Latihan Armada Barat TNI AL, Komando Pasukan Katak (Kopaska), Jakarta selama 14 hari (13-26/11). Kegiatan tersebut akan diikuti kurang lebih 100 Anggota Menwa perwakilan dari PTN/S Se Indonesia. Pada kesempatan ini UII turut serta dalam kegiatan Suskalaknas Menwa Indonesia Angkatan VIII.

Kursus kader pelaksana merupakan pendidikan lanjutan bagi anggota Menwa yang memenuhi persyaratan dan terpilih menjadi Kader Pelaksana Resimen Mahasiswa, Suskalak Menwa bertujuan membentuk Kader Pelaksana Resimen Mahasiswa yang memiliki sikap, disiplin, mental, pengetahuan, dan keterampilan manajemen, kemampuan fisik sebagaimana yang dipersyaratkan, dan memiliki kemampuan melaksanakan fungsi Linmas.

Komandan Satuan Menwa UII, Ibnu Ananda secara resmi melepas tiga delegasi, diantaranya Arfan Hilmy Koho (Akhwal Asy-syakhsiyah FIAI 2014), Lasykar Amin (Akhwal Asy-syakhsiyah FIAI 2015), dan Rizka Dini (D III Manajemen Perusahaan FE 2016) yang juga merupakan anggota Satuan Menwa UII untuk mengikuti kegiatan Suskalaknas Menwa Indonesia Angkatan VIII Tahun 2017. Pelepasan ditandai  dengan digelarnya apel di Depan Markas Komando Menwa UII pada Sabtu (11/11). Dalam pelepasan ini juga dihadiri oleh beberapa Kepala Urusan, Staf, dan Anggota Menwa UII.

Dalam amanatnya, Ibnu Ananda memberikan apresiasi atas semangat ketiga delegasi yang memiliki keinginan kuat untuk kembali menempuh pendidikan Menwa pada tahap lanjut tingkat kedua. Ia menyempaikan bahwa salah satu tujuan diberangkatkannya tiga anggota pada pendidikan lanjut ini adalah agar menjadi wakil yang nantinya dapat menerapkan segala keilmuan yang didapat selama pendidikan dan dapat menularkan pengaruh positif kepada seluruh anggota Menwa UII demi kemajuan organisasi.

Lebih lanjut, Ibnu Ananda berpesan agar seluruh delegasi memegang teguh tradisi dan kebanggaan korps dan melaksanakan catur dharma UII dimanapun berada. Ia juga berpesan kepada ketiganya selama pelaksanaan Suspelatnas dapat menjaga nama baik Menwa UII dan almamater UII dengan menjadi Menwa yang rahmatan lil ‘alamin.

Sementara itu, dijelaskan oleh Arfan selaku Komandan regu (Ketua delegasi), bahwa terpilihnya kami bertiga mengikuti Suskalaknas Angkatan VIII di Kopaska merupakan suatu kebangaan dan kehormatan yang diberikan Menwa kepada kami. Untuk dapat didelegasikan pada pendidikan lanjutan ini kami harus mendaftarkan diri kepada urusan Diklat untuk kemudian dilakukan berbagai uji kelayakan oleh pimpinan dan baru 2 hari sebelum keberangkatan diumumkan kami sebagai delegasi yang lulus dan boleh untuk diberangkatkan.

Wakil Komandan Menwa UII, Maulana Ihsan Fairi menambahkan bahwa keikutsertaan Menwa UII dalam kegiatan ini adalah menunjukan komitmen Menwa UII untuk dapat mengembangkan keahlian dan keilmuan anggotanya dibidang kemenwaan. Bukan hanya dengan latihan rutin di satuan, namun juga melalui berbagai pendidikan dan kursus dalam skala nasional.