Merasa bosan karena selalu ifthar di rumah atau kos? Ingin ifthar dengan menu dan suasana yang berbeda? Ternyata, Yogya mempunyai beberapa tempat khas yang menjajakan menu ifthar yang menggugah selera. Nah, berikut merupakan beberapa tempat terkenal yang menjajakan menu khas Yogya dan cocok untuk menemani kamu saat ifthar.1. Kampoeng Ramadan Jogokariyan

Biasanya, menu pertama yang dicari kebanyakan orang berpuasa untuk berbuka puasa adalah takjil. Kampoeng Ramadhan Jogokariyan menawarkan berbagai macam jenis takjil yang dapat dijadikan sebagai menu berbuka yang pas untuk kamu. Menu takjil yang ditawarkan antara lain adalah es buah, es dawet, aneka ragam jajanan pasar, dan masih banyak lagi. Selain menu takjilnya yang berlimpah, suasana Ramadan dapat terlihat jelas di Kampoeng Ramadhan Jogokariyan. Hal ini terlihat dari dekorasinya yang cukup mengagumkan, suasana Ramadan dapat sangat kental terasa ketika kita mengunjungi Kampoeng Ramadhan Jogokariyan. Sebuah Masjid juga tersedia di satu sisi bagian dari jalan Kampoeng Ramadhan Jogokariyan, sehingga setelah selesai menyantap takjil untuk berbuka, kamu bisa langsung pergi ke Masjid untuk melaksanakan shalat Maghrib. Kampoeng Ramadhan Jogokariyan berada di Jalan Jogokaryan No. 36, Mantrijeron, Kota Yogyakarta.

2. Njoglo Resto

Setelah menyantap appetizer (takjil), maka sekarang saatnya untuk beralih ke main course. Kekurangan asupan makanan, kekurangan protein dan energi merupakan hal yang pasti ditemui oleh orang berpuasa. Oleh karena itu, memakan makanan yang bergizi akan membantu untuk memulihkan hal-hal yang hilang tersebut. Salah satu tempat di Yogya dengan menu khas Yogya dan harga yang bisa dibilang terjangkau adalah Njoglo Resto. Menu makanan yang disajikan disini merupakan masakan Asia dan Indonesia. Dekorasi yang terkesan tradisional dan klasik membawa suasana nyaman dan tentram bagi para pengunjungya. Restaurant Njoglo Resto berada di Jln. Menukan No.5, Karangkajen, Yogyakarta.

Sumber: Trip Advisor

3. Rujak Es Krim Pak Paino

Setelah menikmati menu appetizer dan main course, hidangan penutup khas Yogya yang paling tepat untuk menutup ifthar – mu adalah Rujak Es Krim Pak Paino. Rujak Es Krim Pak Paino saat ini sangat terkenal di Yogya. Rujak Es Krim Pak Paino sudah didirikan sejak tahun 1990. Rujak Es Krim ini berisikan buah-buahan, mentimun, mangga, dll yang lalu diberikan es krim sebagai topping nya.Untuk harga per satu porsi rujak es krim yaitu sekitar Rp 6.000. Jam operasi kerja di rujak es krim dari pukul 09.00 sampai habis. Biasanya, Rujak Es Krim Pak Paino ini sudah ludes pada sekitar jam 14.00. Rujak Es Krim Pak Paino terletak di Jl. Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta.

Sumber: Tribun Yogya / Hamin Thobari

Tempat-tempat destinasi wisata kuliner untuk ifthar diatas mempunyai keunikan dan keunggulannya tersendiri. Kamu bisa menikmati menu yang ada di Njoglo Resto dan Rujak Es Krim Pak Paino setiap hari (tergantung dengan jam operasi kerjanya). Sedangkan untuk Kampoeng Ramadhan Jogokariyan, hanya diselenggarakan setiap satu tahun sekali ketika bulan Ramadan. (MC)