Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya (LEM FPSB) UII dan Universitas Pendidikan Sultan Idris (PPP UPSI) sepakat menjalin kerjasama dalam hal “Coorperation in Academic and Research Related Activities”. Kesepakatan kerjasama ditandai dengan penandatanganan naskah kerjasama oleh kedua belah pihak, pada Senin (16/3), di Gedung Dr. Soekiman Wirjosandjojo UII.


Coorperation in Academic and Research Related Activities mencakup aktivitas research, international conference, mengkombinasikan penemuan baru antara Indonesia dan Malaysia, pertukaran pelajar, serta menjalin kerjasama dengan universitas-universitas lainnya di kawasan Asia Tenggara. Dimana kesemua aktivitas kerjasama ini akan dilakukan dalam konteks psikologi.

Kesepakat kerjasama ini ke depannya diharapkan dapat menjadi bentuk hubungan baru, tidak hanya bagi Prodi Psikologi tetapi juga menjadi hubungan baik antara PPP UPSI dengan LEM FPSB. Momen penandatanganan kerjasama ini sendiri merupakan rangkaian dari aktifitas kunjungan yang dilakukan oleh 28 mahasiswa Persatuan Pelajar Psikologi (PPP) dan delegasi UPSI yakni 1 Dosen dan 1 Profesor, yang dimulai sejak  Sabtu (9/3).

Kunjungan yang telah telah terlaksana merupakan bentuk kolaborasi antara Program Studi Psikologi UII dengan PPP UPSI. Pertemuan ini juga merupakan kunjungan balasan yang telah dilakukan oleh Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) FPSB UII pada tahun 2015-2016. Selain itu momen ini juga merupakan tindak lanjut dari kunjungan delegasi Psikologi UII Akmal Sanguini dan Putri Zakia Salsabila ke Malaysia pada tahun 2016 yang lalu.
Pada pembukaan acara kunjungan, delegasi secara resmi diterima oleh Dekan FPSB UII, Dr.rer.nat Arief Fahmi, MA., HRM., Psikolog, dan dilanjutkan dengan mini conference oleh delegasi dari Psikologi UII dan delegasi dari PPP UPSI.

Pembahasan dalam diskusi meliputi “Student Expectation on Key-In RAS and Learning Motivation Among College Student” dan “The Effect of PTC (Parent-Teacher Communication) On Student Engagement of Elementary School Students: The Role of Communication Technology)“ dari delegasi UII serta “Prosocial Behaviour in Rural an Urban Set” dan “How Speech Distrupt and Effect One’s Perception” dari degelasi UPSI.

Delegasi UPSI bersama anggota LEM FPSB dalam rangkaian acara kunjungan juga mengunjungi laboratorium Psikologi UII, UNY, UGM, UMY dan tempat wisata Yogyakarta seperti Kraton untuk memperkenalkan budaya Indonesia. (ANA/RS)