Universitas Islam Indonesia (UII) kembali mengukir capaian baru dengan raihan para mahasiswanya berhasil lolos dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-31 yang akan diselenggarakan di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) besok tanggal 29 Agustus – 2 September 2018.

Sebagaimana yang tercantum pada pengumuman Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan KEMENRISTEKDIKTI Nomor 2288 /B3.1/KM/2018 tanggal 2 Agustus 2018, UII berhasil meloloskan sebanyak 11 (sebelas) Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mengikuti final di ajang PIMNAS 31.

Tim PKM UII tersebut terdiri dari 4 (empat) Tim PKM-Penelitian, 2 (dua) Tim PKM-Kewirausahaan, 1 (satu) Tim PKM-Pengabdian Masyarakat, 1 (satu) Tim PKM-Teknologi, 1 (satu) Tim PKM-Karsa Cipta, dan 2 (dua) Tim PKM-Gagasan Tertulis.

Fathul Wahid, S.T., M.Sc. Ph.D selaku Rektor UII menyampaikan harapannya berupa target UII untuk meraih minimal 4 medali dalam ajang PIMNAS 31 tahun ini. Dari 11 tim yang akan tampil di PIMNAS 31, Fathul Wahid optimis target ini dapat dicapai dengan kerja keras dan kerja cerdas tim dan dukungan optimal dari Universitas.

“Hal ini sangat penting mengingat capaian medali PIMNAS merupakan salah satu indikator utama dalam pemeringkatan perguruan tinggi versi KEMENRISTEKDIKTI untuk bidang kemahasiswaan”, ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni Dr. Drs. Rohidin, S.H., M.Ag. menambahkan bahwa capaian prestasi di bidang PKM tidak lepas dari antusiasme dan semangat para mahasiswa mulai dari tahap penyusunan proposal, pelaksanaan program, sampai dengan presentasi di kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) PKM.

“Selain itu juga kontribusi para dosen pembimbing yang senantiasa memberikan arahan dan motivasi kepada para mahasiswa Tim PKM yang mendapatkan pendanaan hibah dari KEMENRISTEKDIKTI,” ungkapnya

Disampaikan Rohidin, selanjutnya untuk mempersiapkan tim PKM UII agar bisa tampil maksimal, Direktur Pembinaan Bakat Minat dan Kesejahteraan (DPBMKM) UII akan melaksanakan program pembekalan (karantina) Pra-PIMNAS bagi tim PKM UII terpilih.

“Karantina tersebut bertujuan untuk mengasah skill presentasi dan membantu dalam menyiapkan artikel ilmiah serta poster yang akan dikirim ke PIMNAS,” pungkasnya. (BS)