Pengalaman pertama duduk di bangku kuliah tentunya mengasyikkan bagi mahasiswa baru. Namun mahasiswa baru hendaknya tidak lengah menjalankan kuliah. Walaupun masih semester satu, jalankan lah kuliah dengan sungguh-sungguh. Jangan terlalu meremehkan di semester awal karena untuk mengakhiri kuliah dengan baik juga dimulai dengan awal yang baik.

Demikian disampaikan Sri Indrawati, M.Eng, Sekretaris Program Studi Teknik Industri UII dalam agenda #prodimenyapa melalui instagram live akun resmi jurusan Teknik Industri FTI UII. Agenda #prodimenyaapa kali ini merupakan edisi tanya jawab bagi mahasiswa baru Teknik Industri UII. Di dalamnya juga terdapat even jalan-jalan virtual di kampus UII dikhususkan bagi mahasiswa baru yang belum pernah datang ke UII.

Sri memberikan tips-tips untuk menjalankan kuliah daring. Pertama, persiapkan semua alat dan perlengkapan sebelum kuliah. Laptop atau gadget dipastikan memiliki internet yang lancar. Kedua, hidupkan video selama kuliah berlangsung agar dosen dapat mengenali mahasiswanya. Jangan kuliah sambil nyambi pekerjaan lain sehingga tidak mendengarkan penjelasan dosen.

Mahasiswa akan merugi jika melewatkan materi-materi penting dari dosen. Ketiga, jangan lupa mencatat materi yang disampaikan dan membaca ulang materi sebelum memulai kuliah. Ketika mengerjakan tugas hindari perilaku plagiarisme. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengklik tombol turn in setelah mengunggah tugas di classroom.

Ia juga mempersilahkan mahasiswa baru yang ingin pindah ke kelas internasional program. “Asalkan nilai TOEFL mencukupi karena kuliah dilaksanakan menggunakan Bahasa Inggris”, katanya. Mahasiswa juga dihimbau aktif menyimak Pojok PKM. Pihak kampus siap memfasilitasi uang pembinaan dan penghargaan bagi peraih medali PKM. Selain PKM terdapat juga prestasi seni, olahraga, dan berbagai prestasi lainnya.

Sedangkan untuk mengembangkan bisnis dan startup, mahasiswa dapat bergabung dengan Inkubasi Bisnis & Inovasi Bersama (IBISMA) UII. Dana yang diberikan juga lumayan besar, dengan nilai mencapai 12 juta untuk bisnis dan startup bisa mencapai 20 juta.

Dosen Pembimbing Akademik (DPA) dapat dihubungi melalui kode classroom yang sudah dibagikan di website prodi dengan harapan tidak ada kendala dalam menghadapi perkuliahan. Mahasiswa dapat menyampaikan keluhan atau berkonsultasi mengenai akademik dengan DPA. (HN/ESP)