Jalur meraih prestasi tidak hanya bisa didapat melalui ranah akademik namun juga non akademik. Hal ini dibuktikkan oleh salah satu mahasiswa Program Studi Ilmu Komunkasi UII melalui sebuah kompetisi photography. M. Rizal Purnawan, berhasil meraih penghargaan sebagai Juara 1 pada salah satu nominasi pada penyelenggaraan kompetisi Canon Photomarathon Indonesia (CPMI).

Atas raihan tersebut M. Rizal Purnawan menerima tropi dan hadiah berupa Kamera serta trip photo clinic ke Padang. Rizal merupakan perwakilan dari Komunitas Lensa Ilmu Komunikasi 18 (Klik18) Universitas Islam Indonesia (UII) dan mengikuti CPMI Yogyakarta. Acara lomba digelar pada Minggu (12/11), di Jogja Expo Center Yogyakarta.

Deskripsi karya dari foto yang Rizal angkat adalah potret pekerja tong stand Sekaten. Dalam foto tersebut menggambarkan pekerja tong stand Sekaten yang sedang tertidur pulas di dalam tong stand pada siang hari setelah lelah bekerja semalaman. “Dalam foto tersebut saya berusaha menampilkan sisi lain kehidupan sang joki tong stand yang selama ini kita ketahui sebagai penghibur pada malam harinya,” tuturnya.

Perlombaan merupakan lomba perorangan dan terbagi menjadi dua kategori yakni kategori umum dan kategori pelajar. Pada tahun 2017, CPMI Yogyakarta diikuti sekitar 1900 peserta dari fotografer pemula sampai fotografer professional. Setiap kategori dibagi menjadi tiga temayakni “Lucu”, “Kontras” dan “Sejauh mata memandang”.

Secara teknis peserta diberikan waktu 1 sampai 2 jam untuk melakukan hunting foto secara marathon sesuai dengan tema yang ditentukan. Dan peserta hanya boleh mengumpulkan 1 foto terbaik untuk dilombakan pada setiap tema. Sementara juri pada perlombaan ini datang dari fotografer profesional.

“Pada saat pengumuman finalis kami sempat hilang harapan ketika melihan foto-foto peserta yang masuk sebagai finalis sangat luar biasa. ”Namun harapan menjadi juara muncul ketika nama saya dari salah satu anggota klik18 UII dipanggil untuk naik keatas panggung sebagai salah satu dari 15 finalis untuk tema yang ketiga,” ungkapnya.

“Semua ini berkat support dari komunitas Klik 18 dan Program Studi Ilmu Komunikasi UII. Harapan saya kedepannya semoga support terhadap Komunitas fotografi Klik18 semakin ditingkatkan baik oleh Program Studi, Dekanat FPSB UII juga dari pihak Rektorat agar dapat lebih semangat lagi dalam berkarya dan berprestasi kedepannya,” tutupnya. (BKP/RS)