Dua mahasiswa UII kembali meraih prestasi di tingkat nasional. Kali ini di bidang kaligrafi, mahasiswa bernama Ilham Akbar (Pendidikan Agama Islam 2016) dan Fitria Hayati (Pendidikan Bahasa Inggris 2014) mendapatkan juara Harapan 2 kategori putra dan Juara 2 kategori putri pada Lomba Musabaqah Khattil Quran Cabang Dekorasi (individu) National Quran Competition (NQC) tingkat Nasional. Lomba yang diselenggarakan oleh UKM UKKI JAM UNY itu berlangsung pada 27-28 April 2019. Kompetisi yang diikuti oleh 16 peserta putra putri ini bertema “Berprestasi Membangun Negeri dengan Cahaya Bumi”.

Dikatakan Ilham Akbar, ia termotivasi mengikuti lomba kaligrafi karena sejak lama punya ketertarikan di bidang itu. “Alhamdulillah, passion saya sudah di sini dan juga saya punya hobi di bidang seni.” Ucapnya.

Ini bukan pertama kalinya Ilham dan Fitria mengikuti lomba dalam cabang kaligrafi. Keduanya yang tergabung dalam unit kegiatan mahasiswa el-Markazi UII sudah sering menjuarai berbagai kompetisi kaligrafi seperti mendapatkan juara 1 pada Festival Kebudayaan Arab UGM 2018 lalu.

“Salah satu tantangannya itu harus tahan lelah karena durasi lombanya 8 jam. Kami juga harus percaya diri karena peserta bersebelahan jadi waktu membuat kaligrafinya sering sekali tidak fokus karena justru melihat proses pembuatan kaligrafi orang lain.” jelasnya.

Untuk persiapan sendiri, mereka mengaku tidak ada persiapan khusus sebelum lomba. Mereka hanya mempersiapkan peralatan standar yang diperlukan untuk membuat kaligrafi. Menurut Ilham, persiapan justru terjadi setiap mengikuti lomba karena ibarat mengasah kemampuan.

Ia menambahkan dalam mengikuti lomba ini ada perjuangan yang harus dilewati. “Pengorbanan moril maupun materiil. Waktu dan biaya, kemudian juga harus tahan banting. Manajemen waktu juga harus diatur sebaik mungkin, karena itu penting juga.” Pungkas mahasiswa asal Bangka Belitung itu. (DRD/ESP)