Setiap orang pasti mendambakan kulit yang cantik dan hidup sehat. Oleh karenya, kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat kini semakin besar. Dalam seminar yang diadakan oleh Takmir Masjid Ulil Albab pada Sabtu (8/8), memberikan pencerahan bahwa mengonsumsi makanan sehat setiap hari tidaklah sulit. Sebab banyaknya varian makanan yang dapat dikonsumsi. Seminar yang digelar secara daring dengan judul Miracle of Foods for Beauty Skin ini menghadirkan pembicara dr. Ferihana, Owner Klinik Gratis Dhuafa serta Pengajar di Madrasah Uwais Al-Qorniy.

Ustadzah Ferihana menyampaikan bahwa manusia diperbolehkan memakan setiap jenis makanan yang ada di bumi, hal ini sesuai dengan firman Allah Swt. dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 172 yang artinya: “Wahai orang-orang yang beriman kepada Allah dan mengikuti Rasul-Nya, makanlah dari rezeki yang Allah berikan kepada kalian dan Dia perbolehkan untuk kalian. Dan bersyukurlah kepada Allah secara lahir dan batin atas semua karunia-Nya. Salah satu bentuk syukur kepada-Nya ialah taat dan menjauhi maksiat. Ini jika kalian benar-benar mengabdi kepada-Nya semata dan tidak menyekutukan-Nya”.

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa apapun yang diciptakan di muka bumi memiliki maksud dan tujuan tersendiri, termasuk diciptakannya setan. Ustadzah Ferihana berpesan untuk hati-hati dengan setan ketika memulai hingga selesai makan. Hal-hal yang disenangi setan ketika seseorang makan antara lain makan dan minum berlebihan, menggunakan tangan kiri, tidak mengucapkan doa makan, makan minum sambil berdiri, serta memakan makanan yang tidak halal.

Suatu makanan dikatakan halal jika didapatkannya melalui jalan yang lurus sesuatu aturan Allah Swt. Meskipun dibutuhkan waktu lama dan usaha keras, seorang muslim harus terus berusaha untuk mendapatkan makanan halal. Sebab makanan tersebut akan memberikan manfaat tersendiri bagi dirinya, keluarga, dan orang disekitarnya. Jika seseorang berani mengambil hak yang bukan miliknya, maka akan menjadi malapetaka atau musibah bagi dirinya. “Kalau kita ingin mendapatkan manfaat yang Allah berikan maka kita harus mengikuti perintah Allah dan Rasul,” ucap Uztadzah Ferihana.

Demi mendapatkan wajah cantik dan bersih, selain memastikan sumber makanan tersebut halal, selanjutnya adalah memakan makanan yang layak dimakan seperti makanan yang sering dikonsumsi Rasul. Menurut Ustadzah Ferihana. Makanan yang dikonsumsi Rasul sudah dapat dipastikan memiliki kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Makanan tersebut antara lain minyak zaitun, kurma, dan air zam-zam. Selain memakan makanan yang dikonsumsi Rasul, seseorang dilarang oleh Allah untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan, seperti daging babi, darah, bangkai, dan sebagainya seperti tersebut dalam Q.S Al-Baqarah ayat 173.

Jenis makanan yang dikonsumsi Rasul tentu akan sedikit sulit untuk ditemukan di Indonesia. Meski demikian, Ustadzah Ferihana mengatakan tidak perlu bersedih hati, sebab Allah Maha Besar yang telah memberikan beberapa jenis makanan di Indonesia yang bermanfaat bagi kesehatan kulit.

Pertama, buah-buahan. Ustadzah Ferihana mengatakan banyaknya jenis buah-buahan dapat dikonsumsi seseorang terkandung dari kebutuhan. Jika menginginkan kulit yang cantik makan seseorang dapat makan jus alpukat, tomat, atau jus wortel.

Kedua, ikan. Jenis ikan yang dapat membantu meningkatkan kecantikan kulit seperti ikan salmon. Ikan ini mengandung lemak omega-3 untuk mencaga kelembabab kulit agar tetap kenyal. Sedangkan orang yang kekurangan omega-3 maka dapat berakibat kulit kering. Selain itu ikan salmon atau ikan berlemak lainnya dapat mengurangi adanya kemerahan atau jerawat di wajah.

Selanjutnya, ubi. Ubi salah satunya ubi jalar mengandung beta karoten yang melindungi kulit dari sinar matahari serta mengurangi munculnya kulit kering dan keriput. Terakhir adalah sayur-sayuran hijau yang masih segar.

Di akhir sesi, Ustadzah Ferihana juga berpesan agar muslimah pada khususnya untuk berhati-hati dalam memilih kosmetik. Hal yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan kulit atau wajah daripada murah atau mahalnya harga. Selain itu yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli suatu jenis kosmetik adalah memastikan kandungan di dalamnya halal menurut Islam. (SF/RS)