Sebagai upaya mewujudkan semangat “Langkah Mendunia’ yang digaungkan sejak tahun 2018 ini, Cilacs UII mengadakan kunjungan ke beberapa lembaga pendidikan yang ada di kota Bangkok, Thailand. Hal ini sejalan dengan orientasi Cilacs UII yang ingin dikenal tidak hanya di segmen pasar nasional namun juga di pasar internasional. Untuk itu, perlu digagas adanya sebuah kegiatan ataupun kerjasama dengan negara lain.

Dipimpin langsung oleh Direktur Cilacs UII, Fitri Nugraheni, Ph.D yang didampingi oleh Aditya Suci, S.Pt (Kepala Departemen Pemasaran), Aldhika Deinza, S.Pd.,M.M. (Kepala Departeme Litbang), Suprihatin, A.Md. (Kepala Departemen. Akademik), Aisyiyah, S.E., M.M. (Kepala Departemen Keuangan) melakukan kunjungan ke Bangkok yang bertujuan menjajaki kemungkinan kerjasama sekaligus memasarkan produk Cilacs. Di antaranya yakni program bahasa Inggris maupun Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) ke beberapa sekolah menengah yang ada di Bangkok, Thailand.

Kunjungan dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 4 Agustus 2018. Kunjungan diawali ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Thailand yang dalam kesempatan itu tim Cilacs ditemui secara langsung oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Kerajaan Thailand Ahmad Rusdi.

Dalam pembicaraan yang berlangsung santai, Fitri juga menyampaikan pandangan tentang pentingnya borderless education yang memungkinkan seorang pelajar tidak hanya belajar di negaranya saja, dalam hal ini Cilacs siap untuk menjadi mitra berbagai pihak dalam implementasi konsep tersebut.

Kegiatan di hari kedua, Cilacs UII mengadakan pertemuan dengan beberapa perwakilan sekolah tingkat menengah (SMU) yang ada di Thailand. Di antaranya adalah : Santichon Islamic School, Islamic College of Thailand, Al-Qurra Wittaya School dan Sasnuprathum Bangkok yang bertujuan untuk memeperkenalkan Cilacs serta menawarkan beberapa program kerjasama pelatihan bahasa Ingris dan BIPA.

Pada hari ketiga, bertepatan dengan peringatan anniversary SIS ke-20, tim Cilacs UII diundang untuk menghadiri opening ceremony kerjasama Program Hafiz Qur’an antara SIS dan Ponpes La raiba Hanifida Jombang yang juga dihadiri Dubes RI Bangkok.

Saat dihubungi melalui sambungan telepon, Fitri Nugraheni berharap bahwa kegiatan ini menjadi kesempatan Cilacs UII untuk berbagi ilmu dengan saudara serumpun di ASEAN, khususnya di wilayah Bangkok dan sekitarnya. (Adt/Ank)