Perkembangan perbankan syariah semakin menunjukan taringnya. Merespon hal tersebut, Program Studi Ekonomi Islam, Universitas Islam Indonesia (UII) mengadakan kerjasama dengan Bank BRI Syariah yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Agreement pada Kamis, (9/8) di Ruang Sidang Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) Kampus Terpadu UII.

Dekan FIAI UII, Drs. H. Tamyiz Muharram, MA., Ph.D menyampaikan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kerjasama yang dilaksanakan antara program studi Ekonomi Islam dan Bank BRI Syariah.

Ia berharap agar kerjasama ini bisa diimplementasikan dengan baik dan berjalan dengan lancar. “Ini bentuk ikhtiyar kami untuk mewadahi mahasiswa agar bisa belajar praktek perbankan langsung dari ahlinya dan untuk memajukan prodi Ekonomi Islam UII ke depannya,” paparnya.

Sementara itu, Pimpinan Bank BRI Syariah, Kurniawan menuturkan bahwa pada dasarnya kerjasama ini merupakan implementasi dari diskusi antara kedua pihak sejak enam bulan lalu.

“Ini adalah titik awal dari implementasi diskusi dan pencapaian yang akan kita teruskan dan kembangkan ke depannya,” ujarnya.

Kurniawan menegaskan bahwa kerjasama ini juga dalam rangka Pemakaian Perangkat Lunak Laboratorium Perbankan Syariah “Salam BRIS”.

Ia juga menambahkan bahwa tujuan dari kerjasama tersebut adalah untuk memberikan pemahaman literasi perbankan syariah kepada mahasiswa.

“Jadi nantinya kami berharap pemahaman masyarakat khususnya mahasiswa tentang ekonomi Islam semakin meningkat. Pembelajaran akan lebih ditekankan pada interaksi di lapangan seperti Praktek Kerja Lapangan, bimbingan oleh praktisi ke mahasiswa dan lain sebagainya agar sisi teoritis dan praktik bisa bertemu seimbang,” pungkasnya.

Selanjutnya ia mengatakan akan ada poses pendampingan dari Bank BRI Syariah sebagai bentuk tanggung jawab agar laboratorium bisa diaplikasikan dengan baik dan benar oleh mahasiswa maupun dosen. (EF)