Sarjana Arsitektur

Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan
Program Studi Arsitektur Program Sarjana

Menjadi Arsitektur Profesional Kelas Dunia

Program Studi Arsitektur UII merupakan institusi pendidikan arsitektur yang mendidik mahasiswa menjadi Sarjana Arsitektur (S.Ars) dan mencetak lulusan menjadi seorang arsitek (Ar.) dengan mendapatkan sertifikat keahlian arsitek (SKA-IAI). Untuk menjalankan program pendidikan tersebut, kurikulum yang dipakai mengacu pada standar Korea Architectural Accrediting Board (KAAB) – Canberra Accord di bawah UIA-UNESCO, serta acuan pendidikan arsitektur dari Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) dan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI). Fasilitas pendidikan yang tersedia telah berstandar internasional, seperti studio desain khusus untuk masing-masing mahasiswa setiap level (dedicated studio), laboratorium Perancangan, laboratorium Digital Arsitektur, laboratorium Teknologi Bangunan, dan Information and Resource Center (IRC). Pada tahun kelima, studio juga dilengkapi dengan studio profesional sebagai representasi dari dunia konsultasi perencanaan dan perancangan. Mahasiswa dapat bertemu dengan arsitek profesional, klien, dan konsultan perencana untuk mengerjakan proyek nyata dalam dunia kerja. Lulusan Sarjana Arsitektur dapat berkarier di berbagai sektor seperti real estate, industri konstruksi, dan developer, menjadi ahli di bidang perencanaan dan perancangan kawasan dan perkotaan (rural and urban design), dunia riset, serta pendidikan di dunia perencanaan dan perancangan. Lulusan arsitektur juga dibekali dengan ilmu-ilmu “non-teknik” sehingga dapat berkarier pada bidang ekonomi dan sosial yang berkaitan dengan lingkungan binaan dan perkotaan atau dapat mendirikan konsultan arsitek secara mandiri.

Mahasiswa dapat menyelesaikan studinya selama empat tahun untuk menjadi Sarjana Arsitektur atau menjadi arsitek selama lima tahun. Pada program lima tahun, mahasiswa akan dilatih secara profesional untuk menjadi arsitek profesional. Kerjasama dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Arsitektur Indonesia (APTARI) dan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) telah memungkinkan arsitek lulusan UII menjadi arsitek yang dapat langsung terjun di dunia perencanaan dan perancangan dengan baik. Selain itu, lulusan arsitek UII juga dididik dengan jiwa entrepreneurship, sehingga memungkinkan lulusan untuk berkarier sebagai arsitek mandiri dan mendirikan konsultan arsitek secara mandiri.

Lulusan program empat tahun atau Sarjana Arsitektur dapat berkarier di berbagai industri konstruksi, real estate, dan developer. Lulusan arsitektur dibekali juga dengan ilmu-ilmu ‘non-teknik’ sehingga dapat berkarier dengan baik pada bidang ekonomi dan sosial yang berkaitan dengan lingkungan binaan dan juga perkotaan. Selain itu lulusan juga dapat berkarier di bidang perencanaan dan perancangan kawasan dan perkotaan (rural and urban design). Lulusan juga dapat berkarier di dunia riset dan pendidikan di dunia perencanaan dan perancangan.

PENDAFTARAN & SELEKSI

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Islam Indonesia untuk Program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) diselenggarakan melalui lima pola seleksi yaitu: Computer Based Test (CBT), Seleksi Berbasis Rapor (Siber), Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB), dan Penelusuran Hafiz Alquran (PHA), Penelusuran Pemimpin Muda (PPM), PMB Bersama.

Informasi lengkap tentang persyaratan dan prosedur pendaftaran pola seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru UII dapat dilihat di situs web pmb.uii.ac.id

INTERNATIONAL PROGRAM

  1. Calon mahasiswa mengikuti test CEPT Online pada tautan cilacs.uii.ac.id/cept/cept-online/ dengan skor minimal 500 (lima ratus).
  2. Calon mahasiwa mengumpulkan e-sertifikat CEPT dari CILACS ke platform pendaftaran PMB UII.

PERSYARATAN KHUSUS

UJI KEMAMPUAN MENGGAMBAR/SKETSA

Calon mahasiswa diminta menyerahkan Portofolio untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan menggambar atau membuat sketsa berdasarkan rekaman proses dan hasil karya gambar/sketsa yang telah dibuat serta bukti-bukti pendukungnya.

Ketentuan teknis Portfolio:

  1. Format A4 dengan softcopy maksimal 5 MB
  2. Hasil karya gambar/sketsa 2D dan/atau 3D yang dibuat sendiri*, terdiri dari:
  3. Karya baru, (wajib) berupa gambar/sketsa landmark kota dimana tinggal, rumah sendiri outdoor dan indoor, masing-masing minimal 1 (satu) buah karya (total minimal 3 gambar/sketsa).
  4. Karya lama (tambahan yang disarankan-strongly recommended), berupa karya gambar/sketsa yang telah dihasilkan secara mandiri atau melalui sayembara/lomba atau kegiatan lainnya. Jumlah dan tahun produksi tidak dibatasi.
  5. Hasil karya gambar/sketsa menggunakan teknik, media dan alat bebas
  6. Penyerahan softcopy PORTOFOLIO sesuai ketentuan dari Panitia PMB UII.

Perkiraan biaya studi untuk program Sarjana (S1) dan Diploma (D3) pada Penerimaan Mahasiswa Baru UII Tahun Akademik 2021/2022 dapat dilihat di bawah ini:

Tabel perkiraan biaya studi memuat informasi perkiraan komponen biaya pendidikan dengan catatan sebagai berikut:

  1. Perkiraan biaya minimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma terendah pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  2. Perkiraan biaya maksimal adalah hasil penghitungan dari nilai Dana Catur Darma tertinggi pada program studi terkait ditambah nilai Uang Kuliah (Tetap dan Variable) pada program studi tersebut.
  3. Nilai Catur Darma yang tercantum pada tabel tidak berlaku bagi pendaftar yang mengambil jalur seleksi Siber FK Mandiri dan CBT From Home FK Mandiri.
  4. Prediksi Masa Studi Non Eksakta 3,5 tahun dan Eksakta 4 tahun.
  5. Uang Kuliah (Tetap dan Variable) dibayar setiap tahun dan diangsur 4 kali.
  6. Untuk Program Studi Sarjana (S1), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya KKN, Skripsi, Pendadaran.
  7. Untuk Program Studi Diploma (D3), perkiraan biaya kuliah belum termasuk biaya Tugas Akhir, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL.
  8. Khusus untuk Program Studi Sarjana (S1) Pendidikan Dokter, perkiraan biaya kuliah belum termasuk tarif KKN, Skripsi, Pendadaran, dan Biaya Tahap Pendidikan Klinik.
  9. Tarif KKN, Tugas Akhir, Skripsi, Pendadaran, dan Presentasi Laporan PKL akan dihitung sesuai dengan tarif yang ditetapkan pada tahun pelaksanaan.
  10. Peraturan Rektor tentang Biaya Studi Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2021/2022 dapat diunduh di laman admisi.uii.ac.id

Fakultas Teknik Sipil & Perancangan menawarkan program gelar ganda (double degree) untuk pendidikan jenjang sarjana (S1) dengan beberapa perguruan tinggi mitra UII yaitu:

  • University of Queensland, Australia
  • University of Gloucestershire, Inggris
  • University of Bedfordshire, Inggris
  • Saxion University of Applied Science, Belanda
  • Nanjing Xiaozhuang University, Tiongkok

Informasi lebih lanjut tentang program gelar ganda silakan menghubungi Kantor Urusan Internasional UII di nomor telepon: 0274 898 410 atau surel: io[at]uii.ac.id

Situs web Program Studi Arsitektur Program Sarjana, klik di sini.

Belajar Arsitektur di lnternational Program

Program Sarjana Arsitektur di Universitas Islam Indonesia juga ditawarkan di International Program (IP). IP UII adalah kelas internasional yang diselenggarakan oleh program studi tertentu di UII dimana proses perkuliahan menggunakan bahasa asing (bahasa Inggris dan/atau Arab) sebagai bahasa pengantar.
Dapatkan informasi selengkapnya melalui tautan di bawah ini.

Berpikir untuk mempelajari disiplin ilmu lainnya?
UII menawarkan berbagai pilihan program pendidikan yang mencakup 4 program diploma, 25 program sarjana, 12 program magister, 4 program doktor, dan 3 program profesi dengan beragam disiplin ilmu di bidang bisnis, ekonomi, sosial, hukum, teknik, matematika, ilmu pengetahuan alam, farmasi, kedokteran dan masih banyak lagi.

Sangkalan: Informasi ini berlaku untuk pendaftaran Tahun Akademik 2021/2022 dan sewaktu-waktu dapat berubah menyesuaikan kebijakan Universitas Islam Indonesia

Gelar & Strata
S.Ars. – Sarjana (S1)
Durasi Studi
8 semester (perkiraan studi penuh waktu)
Kampus
Gedung Moh. Natsir
Kampus Terpadu
Jln. Kaliurang km 14,5, Sleman, Yogyakarta 55584
Akreditasi
Akreditasi Nasional :
❯  Unggul
Akreditasi Internasional :
❯  Korean Architectural Accrediting Board (KAAB)

Bergabung dengan UII dan kembangkan potensimu dengan mempelajari disiplin ilmu yang sesuai dengan minat dan rencana kariermu

Informasi Penerimaan
Mahasiswa Baru UII

(0274) 898444 Ekstensi 1234

Foreign Applicants?

Are you a foreign applicant and want to study at UII by attending regular programs using Bahasa Indonesia? Find information about requirements and procedures via the links below: