Prestasi membanggakan kembali diukir oleh Tim Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Miracle Voices (MV) Universitas Islam Indonesia (UII). PSM MV UII mendapatkan Golden Award dan Silver Award pada ajang 6th Singapore International Choral Festival yang dilaksanakan pada tanggal 1-4 Agustus di Singapura.

“Untuk pesertanya sendiri itu total ada 80. Tetapi untuk kategori yang kita ikuti yakni Mixed Voices ada 6 peserta kemudian untuk Folklore sendiri ada 19 peserta.” ucap Fakhriyah Fatin selaku ketua dari PSM UII.

Ia menyampaikan tim PSM MV UII mendapatkan Gold Award pada cabang Folklore dan Silver Gold pada cabang Mixed Voices atau B2. “Alhamdulillah kita bisa membawa dua penghargaan.”

Adapun motivasi yang dimiliki oleh timnya adalah karena mereka ingin menambah pengalaman di perlombaan tingkat Internasional. Selain itu, PSM MV UII juga ingin membawa nama baik UII di tingkat global.

“Untuk persiapan kompetisi ini dimulai pada bulan Februari dan kami membentuk kepanitiaan untuk mengurus setiap kebutuhan yang diperlukan seperti dana dan kostum. Kemudian akan diadakan rekruitmen internal untuk tim lomba yang akan diberangkatkan. Setelah itu mereka akan dites oleh pelatih kami dan akan melalui tahap wawancara”, jelasnya.

Bagi mereka yang lolos akan menjalani latihan dari awal seperti mempelajari semua lagu, koreografi dan juga sambil menjalankan tugas kepanitiannya seperti mengurus dana dan sponsorship.

Rintangan yang dihadapi oleh Fakhriyah dan tim adalah bahwa setiap lomba memiliki ketentuan dan penilaiannya masing-masing. “Karena setiap lomba itu memiliki karakteristik penilaian yang berbeda-beda, tantangannya berada disitu. Kami harus berlatih lebih keras dan giat” ungkapnya.

Dikatakan oleh Fakhriyah mengenai tips dan trick dalam mengikuti perlombaan yakni hadapi saja apa yang ada di depan. “Jalani saja apa yang ada, entah itu sulit atau tidak kita tetap harus mengusahakan supaya dapat terlaksana dengan baik dan lancar.”

“Harapannya semoga ke depannya bisa lebih meningkatkan kualitas dan juga bisa mengikuti lomba-lomba lainnya entah itu bidang nasional ataupun internasional dan kami bisa membawa lebih banyak piala kemenangan lagi.” (DRD/ESP)