Universitas Islam Indonesia (UII) menerima kunjungan dari Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) dalam rangka studi banding pada Rabu, (7/8), di Ruang Sidang, Lt.2 Gedung Prof. Dr. Sardjito UII. Studi banding yang dihadiri segenap pimpinan dan perwakian mahasiswa kedua belah pihak ini membahas mengenai tata kelola dan pembinaan terhadap bidang kemahasiswaan yang ada di lingkungan kampus.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kewirausahaan UISU, Ahmad Bakhori, S.T., M.T., dalam kesempatannya mengutarakan maksud dan tujuannya untuk berkunjung ke UII. Selain mempunyai latar belakang yang hampir sama, UII dan UISU juga telah menjalin kerjasama sebelumnya.
“Untuk semakin memperbaiki sistem tata kelola dan pembinaan terhadap bidang kemahasiswaan yang ada di UISU, kamu ingin menambah beberapa pandangan dari universitas-universitas lainnya dalam mengelola bidang kemahasiswaan. Maka dari itu, kami berkunjung untuk mendalami bagaimana UII dalam mengelola bidang tersebut”, ujarnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Keagamaan & Alumni UII, Dr. Drs. Rohidin, M.Ag menyambut baik kunjungan UISU. Menurutnya, sesuatu yang didapat dari kunjungan ini nantinya bisa diterapkan sesuai dengan keunggulan dan ciri khas yang ada di UISU.

“Mengenai tata kelola dan pembinaan terhadap bidang kemahasiswaan, di UII mahasiswa mempunyai kedudukan yang setara dengan pihak rektorat. Hal ini disebut Student Government, di mana lembaga kemahasiswaan secara mandiri mengelola operasionalnya, namun masih berkoordinasi dengan pihak rektorat,” jelasnya.

Sedangkan Beni Suranto, S.T., M.Soft.Eng selaku Direktur Pembinaan Kemahasiswaan UII menambahkan bahwa dalam mengelola bidang kemahasiswaan, UII saat ini telah memiliki portal atau website yang dikhususkan untuk kemahasiswaan, kewirausahaan, alumni dan lain sebagainya. Semua informasi mengenai berbagai kegiatan bagi mahasiswa tersedia di website tersebut sehingga memudahkan mahasiswa dalam mengakses informasi mengenai kegiatan-kegiatan yang ada.

Selain itu, mengenai hubungan antara pihak pimpinan dan pihak lembaga mahasiswa yang ada di UII berjalan secara kolaboratif dan sinergi sehingga menghasilkan sebuah kerjasama yang nantinya meningkatkan kualitas mahasiswa dan Universitas.

Pada akhir pertemuan, baik UII dan UISU sama-sama saling melihat kesempatan untuk nantinya kedua belah pihak bisa membuat sebuah kerjasama dalam bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) maupun bidang-bidang lainnya agar terciptanya tata kelola dan pembinaan terhadap bidang kemahasiswaan yang lebih baik lagi. (RRA/ESP)