UII Dorong Pengembangan Batik Khas Sleman di Dusun Plalangan, Pandowoharjo

Tumbuhnya sentra industri batik tulis bermotif khas Sleman turut memberi sumbangsih bagi ekonomi pedesaan. Selain menghidupkan ekonomi pedesaan, industri batik juga membantu upaya pelestarian budaya dan tradisi lokal yang kini semakin tergerus kemajuan zaman. Sebagaimana tergambar di sentra industri batik tulis Dusun Plalangan, Desa Pandowoharjo, Sleman.

Kegiatan membuat batik tulis di desa tersebut telah diinisiasi sejak tahun 2014 silam. Meski tergolong muda namun perkembangan industri batik di Plalangan tergolong pesat. UII melalui Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) UII sejak tahun 2014 secara kontinyu turut mendorong berkembangnya industri batik tulis di Dusun Plalangan.

Hal ini nampak dalam kunjungan Wakil Rektor II UII, Dr. Nur Feriyanto, M.Si bersama Kepala Pusat Sosial dan Humaniora DPPM UII, Dr. Sahabudin Sidiq, SE., MA ke Dusun Plalangan. Kunjungan yang berlangsung pada Kamis (13/7) tersebut sebagai bagian dari kegiatan pendampingan yang dirintis DPPM UII sejak tahun 2014.

Selama kunjungan, Wakil Rektor II UII banyak berdiskusi dengan para pengrajin batik yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga. Diskusi berlangsung cukup hangat di mana kedua belah pihak saling bertukar ide dan memberi masukan. Warga juga masih mengharapkan dukungan dari DPPM UII untuk terus mengembangkan sentra batik tulis di Plalangan.

Awalnya, ibu-ibu di Dusun Plalangan bukanlah pengrajin batik turun temurun. Namun mereka belajar membatik secara konsisten, mulai dari cara membatik, motif, teknik pewarnaan, dan kursus menjahit. Sebagain aktifitas tersebut turut difasilitasi oleh DPPM UII.

Dusun Plalangan sendiri semula bukan merupakan sentra industri batik tulis. Seiring dengan bangkitnya industri batik kreatif di Indonesia, peluang itu ditangkap oleh warga setempat yang kemudian menggandeng DPPM UII untuk menumbuhkan sentra batik tulis bermotif khas Sleman. Antusiasme, kekompakan, tekad, serta dukungan dari aparatur desa membuat niatan tersebut semakin cepat terwujud.

Kerjasama antara DPPM UII dan warga Dusun Plalangan terus dikembangkan lewat kegiatan pengabdian masyarakat yang berlangsung rutin. Beberapa hal yang ingin dikembangkan pada tahap berikutnya, seperti integrasi industri batik ke dalam e-commerce dan peningkatan teknik pewarnaan alam.

Save

Save

Save

Save