Universitas Islam Indonesia (UII) menjadi penyelenggara The 2nd National Sustainability University Leaders Meeting 2021 pada 21-22 Juli 2021. Kegiatan digelar mulai pagi ini, Rabu (21/7), sebagai rangkaian dari UI Greenmetric World University Ranking Network (GWURN), sebuah pemeringkatan perguruaan tinggi berdasarkan lingkungan berkelanjutan. Kegiatan lainnya yang menjadi rangkaian dari kegiatan (GWURN) yakni lokakarya dan rapat koordinasi nasional.

National Sustainability Univeristy Leaders Meeting 2021 yang digelar untuk kali kedua ini dihadiri oleh para pimpinan universitas, politeknik, serta sekolah tinggi dari berbagai wilayah di Indonesia. Selain itu kegiatan juga akan diikuti oleh penanggung jawab sustainability office atau penanggung jawab program green campus di masing-masing universitas, politeknik, dan sekolah tinggi.

Ketua Penyelenggara, Shubhi Mahmashony Harimurti, S.S., M.A. saat diminta keterangan mengemukakan kegiatan mengangkat tema Kepemimpinan dalam Transformasi Kampus Berkelanjutan Pasca Pandemi. Maksud dari tema yang diangkat, kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk menyiapkan pimpinan perguruan tinggi yang peduli terhadap isu lingkungan, pemimpin yang bisa memberikan rahmat bagi semesta alam.

“Hal ini selaras dengan visi UII melestarikan lingkungan berkelanjutan. Sementara frasa pasca-pandemi pada tema, dimaknai bahwa pemimpin perguruan tinggi haruslah optimis bisa melewati masa pandemi,” ungkapnya.

Dikatakan Shubhi Mahmashony, perguruan tinggi harus dapat berperan dalam lingkungan berkelanjutan. Di UII misalnya, mata kuliah dan riset diarahkan pada Sustainable Development Goals (SDGs). Tantangan yang dihadapi oleh perguruan tinggi dalam hal lingkungan berkelanjutan di antaranya seperti luasan bangunan, juga ketersedian ideal ruang terbuka hijau baik yang alami maupun yang sengaja dibuat.

“Perguruan tinggi kiranya perlu mendesain kembali gedung dan ruang terbuka. Hal lain yang juga penting untuk menjadi perhatian seperti pemakaian gas karbon, serta angka demografi di lingkungan kampus. Kampus perlu mereduksi peluang kerusakan lingkungan tersebut,” pesannya.

Berkenaan penyelenggaraan kegiatan, Shubhi Mahmashony menjelaskan kegiatan The 2nd National Sustainability University Leaders Meeting 2021 diawali dengan penyampaian kata sambutan oleh Rektor UII Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. dan Ketua UI GreenMetric World University Rankings Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M. Berikutnya penyampaian Wacana Pengantar oleh Ketua Umum Pengurus Yayasan Badan Wakaf UII, Drs. Suwarsono, M.A.

“Sesi pertama diskusi menghadirkan narasumber Junaidi, M.A., Wakil Ketua, UI GreenMetric World University Rankings memaparkan tentang UI Green Metric dan UI Green Metric World University Ranking Network,” terang Shubhi Mahmashony yang saat ini juga sebagai Kepala Bidang Akademik dan Organisasi, Badan Perencanaan dan Pengembangan/ Rumah Gagasan UII.

Selanjutnya pada sesi kedua akan disampaikan pemaparan oleh empat narasumber yakni: Mohd Fadhli bin Rahmat Fakri, Researcher, Community and Sustainability Centre, Universiti Malaya (The Urgency of Sustainability Leader in University), Prof. Dr. Ambariyanto, M.Sc., Koordinator UI GreenMetric untuk Indonesia yang juga Wakil Rektor Universitas Diponegoro (Pengembangan Sustainability Leader).

Narasumber berikutnya adalah Dr. Ir. Aceng Hidayat, M.T., Sekretaris Institut, IPB University (Proses Membangun Kelembagaan dan Kesadaran Urgensi Kampus Ramah Lingkungan), dan dilanjutkan pemaparan oleh Dr. Eng. Ir. Ahmad Rusdiansyah, M.Eng., Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia, Organisasi, dan Teknologi Sistem Informasi, ITS (Kebijakan Perencanaan dan Pengembangan di Sustainability Office ITS).

Lebih lanjut dijelaskan Shubhi Mahmashony, di hari kedua, mencakup pelaksanaan sesi ketiga hingga sesi kelima. Sesi ketiga akan disisi dengan diskusi membahas Kebijakan, Kelembagaan, dan Pengembangan Program Sustainability Office Perguruan Tinggi. Dilanjutkan sesi keempat membahas Pemaparan Hasil Workshop Sustainability Leader. Sedangkan sesi terakhir, sesi kelima, adalah penyampaian Kesimpulan dan Komitmen Pengembangan Sustainability Leader. (RS)