UII Jalin Silaturrahim Dengan Warga Sekitar Kampus

Universitas Islam Indonesia (UII) melalui Direktorat Pendidikan dan Pengembangan Agama Islam (DPPAI) mengadakan silaturrahim dan syawalan dengan pemilik kos, ketua RT/RW, tokoh masyarakat, dan tokoh agama yang berada di sekitar kampus UII. Kegiatan ini bertujuan untuk mengeratkan tali persaudaraan dan kerjasama antara UII dengan masyarakat sekitar.

Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung Moh. Hatta Kampus terpadu UII pada Jum’at (14/7), dihadiri oleh Wakil Rektor III UII, Ir. Agus Taufiq, M.Sc, Direktur DPPAI UII, Dr. Drs. Muntoha, S.H., M.Ag. serta warga sekitar kampus UII. Turut hadir pula Dr. Drs. Abdul Jamil, S.H., M.H. yang dalam acara ini juga turut menyampaikan tausyiah syawalan.

Dr. Muntoha dalam sambutannya berharap agar silaturrahim seperti ini dapat dilestarikan, yang mana hal ini menurutnya merupakan sebuah kebiasaan baik. Digagasnya acara oleh UII juga bertujuan agar ke dua belah pihak saling mendapatkan informasi.

“Melalui silaturrahim bapak/ibu sekalian mendapatkan informasi yang kami punya. Selain itu Bapak/ibu juga punya kewajiban untuk turut membina putra/putri kos–kosan yang ada di lingkungannya, paling tidak dari aspek moral dan sebagainya,” ungkapnya.

Sementara di awal tausyiahnya yang bertemakan “Membina Dengan Hati”, Agus Taufiq menyampaikan bahwa antara UII dengan warga sekitar terjadi simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan. Di UII ada mahasaiswa/mahasiswi, sementara warga sekalian dapat memberdayakan tempat tinggalnya sebagai kos–kosan selama beberapa tahun.

”Oleh karenanya menurut Agus Taufiq penting ada satu penegasan, hendaknya kita bersama-sama dapat membimbing dan mendidik dengan hati, tidak perlu dengan kasar–kasar dan juga ngomong kencang – kencang,” tuturnya.

Sedangkan Abdul Jamil dalam tausiyahnya dengan tema “Menjaga Silaturrahim” memaparkan bahwa sebagai umat manusia tidak mungkin bisa hidup sendirian, Itulah sebabnya dalam Islam silaturrahim menjadi hal penting. Ia berharap sinergi anatara UII dengan warga sekitar kampus dapat terus ditingkatkan.

“Dengan silaturrahim itulah menurut Rasullallah Saw., pertama akan memperpanjang usia dan yang kedua akan menambah rezeki,” ujarnya.